KREATIVITAS ARTISTIK DALAM BERKARYA KOMIK MENGGUNAKAN PLATFORM PIXTON DI SMP LABORATORIUM YDWP UNESA

Authors

  • Herlina Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Asy Syams Elya Ahmad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Smartphone menjadi sarana yang sering digunakan dalam pembelajaran di SMP Laboratorium YDWP
UNESA. Akan tetapi, pada saat kegiatan pembelajaran Seni Budaya berlangsung, peneliti mendapati
bahwa pembuatan komik yang dilakukan di SMP Laboratorium YDWP UNESA menggunakan media
manual berupa kertas gambar, jadi peneliti ingin memperkenalkan komik dalam bentuk digital.
Berdasarkan adanya permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan kreativitas siswa dengan
menggunakan smartphone dengan maksimal dengan cara mempergunakan platform digital untuk
membuat komik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran komik
menggunakan platform pixton dan mengetahui hasil kreativitas artistik yang muncul pada karya siswa
SMP Laboratorium YDWP UNESA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan
mengidentifikasi dan menganalisis data melalui, observasi, wawancara, hasil karya siswa dan
penyebaran angket mengenai penggunaan platform pixton dalam pembelajaran komik di kelas VIII B
SMP Laboratorium YDWP UNESA. Hasil penelitian ini menunjukkan kreativitas artistisk siswa yang
muncul sudah termasuk dalam tatanan kreatif. Hal ini dibuktikan dengan adanya data siswa yang
mampu mengubah sebuah platform pixton menjadi media promosi dan mengubah karya digital yang
ditransofrmasikan di bentuk terapan melalui pembelajaran project based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-20
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 97