KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA KARYA SENI DUA DIMENSI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDOARJO
Abstract
Perkembangan kemampuan kreativitas anak dapat dilihat dari pembelajaran seni rupa. Salah satunya adalah dengan latar belakang melakukan penbuatan karya dua dimensi dengan memanfaatan limbah kain perca. Pembelajaran seni rupa tidak berbatas pada buku gambar, cat, dan crayon. Peneliti mengajak peserta didik SMP Negeri 1 Sidoarjo membuat karya seni dua dimensi dengan menggunakan kain perca. Penelitian dilaksanakan di kelas VII Seni Rupa G,H, dan I, dengan tujuan mengetahui beberapa hal seperti 1) persiapan pembelajaran tentang karya seni dua dimensi dari kain perca, 2) proses pembelajaran tentang karya seni dua dimensi dari kain perca, 3) hasil dan analisa estetika serta krativitas dari pembelajaran karya seni dua dimensi dari kain perca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuisoner dan dokumentasi. Hasil dari pembelajaran ada 9 karya dengan tema yang berbeda-beda. Dengan memiliki nilai tetinggi 90 dan nilai terendah 70. Peserta didik terhadap pembelajaran kain perca dari 33 siswa kelas VII Seni Rupa peserta didik berhasil meningkatkan kemampuan kreativitas dan memunculkan nilai estetika pada adanya pembelajaran baru. Dapat disimpulkan bahawa pembelajaran dalam penelitian ini dapat diterapkan pada kelas yang lain karena menghasilkan respon positif.
Kata Kunci: Pembelajaran, seni rupa, seni dua dimensi, kain perca
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

