Cerita Fabel Sebagai Pemantik Project Based Learning Materi Menggambar Komik Di SMPN 1 Sidoarjo

Authors

  • Renyta Kusumawati Adi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peserta didik memiliki keterbatasan pengetahuan dan wawasan terhadap cara dan langkah-langkah menggambar komik secara efisien yang menjadikan kendala dalam menyelesaikan tugas praktik menggambar komik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, hasil karya, respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran cerita fabel sebagai pemantik project based learning materi menggambar komik di SMPN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kualitatif  yang dijabarkan secara deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-E  dengan jumlah 31 peserta. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru seni budaya, pembagian angket, serta dokumentasi kegiatan penelitian. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Proses pembelajaran project based learning menggambar komik memerlukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian dilihat dari penilaian keterampilan dan penilaian produk peserta didik secara berkelompok. Perolehan nilai keterampilan yang didapat dengan rata-rata 81 dan  nilai rata-rata produk kelompok yaitu 83. Berdasarkan pada penilaian yang telah disebutkan bahwa terdapat tiga kategori yaitu sangat baik, baik dan cukup baik. Sedangkan, respon guru dan peserta didik dengan prosentase rata-rata 77,6% yang menyatakan bahwa pembelajaran ini sangat efisien dan menyenangkan serta dapat menambah wawasan baru.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Menggambar Komik, Cerita Fabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-20
Abstract views: 81 , PDF Downloads: 174