PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI RAGAM HIAS KELAS X ANIMASI SMKN 1 DLANGGU MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keinginan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle yang diujicobakan pada siswa kelas X Animasi SMKN 1 Dlanggu, Mojokerto, pada materi ragam hias. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses perancangan media, hasil pembuatan media, proses penerapan media, dan efektivitas media. Metode penelitian menggunakan Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Sedangkan validasi data menggunakan teknik triagulasi. Proses perancangan media dilakukan dengan merancang desain media, menentukan alat dan bahan, kemudian pembuatan media menjadi produk jadi. Media yang dibuat kemudian diajukan kepada validator media dan validator materi. Setelah dilakukan revisi sesuai masukan validasi pertama, dihasilkan nilai kelayakan media sebesar 100% dan nilai kelayakan materi sebesar 94%. Hasil validasi media telah layak dengan kriteria sangat bagus. Media pembelajaran puzzle ragam hias berjumlah 8 buah dengan rincian ukuran 32x44 cm, yang digunakan dalam pembelajaran berkelompok. Proses penerapan media dilakukan dengan menjelaskan materi ragam hias, penggunaan media, dan tes menggambar (pre-test, post-test). Pengukuran keefektivan media diperoleh dari data kenaikan nilai siswa dari rata-rata nilai pre-test 77 dan rata-rata nilai post-test 87. Kesimpulannya, media pembelajaran puzzle ragam hias telah layak digunakan dan telah memenuhi kriteria dalam pengembangan media pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, puzzle, ragam hias.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

