GAMBAR ILUSTRASI PADA MEDIA TOTEBAG DI SMPN 1 MOJOSARI MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini mengenai pembelajaran gambar ilustrasi dengan media totebag di SMPN 1 Mojosari Mojokerto bertujuan untuk mengeksplorasi persiapan, proses, hasil karya peserta didik, serta tanggapan mereka dan guru terhadap kelebihan dan kekurangan pembelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari peserta didik dan guru. Persiapan pembelajaran dilakukan oleh guru menyusun RPP, materi, menyiapkan alat dan bahan, dan rencana evaluasi. Sedangkan persiapan peserta didik memahami tugas, mencari inspirasi tentang gambar ilustrasi, menyiapkan alat dan bahan, membuat sketsa, dan merencanakan waktu. Proses pembelajaran memerlukan waktu satu bulan, dengan satu pertemuan setiap minggu. Pada pertemuan pertama, peserta didik belajar langkah-langkah membuat ilustrasi melalui slide powerpoint dan membuat sketsa gambar yang akan diaplikasikan pada totebag. Pertemuan kedua menerapkan sketsa pada media totebag, dan pada pertemuan ketiga proses finishing dan presentasi hasil karya. Hasil karya peserta didik dinilai dengan kriteria sangat baik, baik, dan cukup, dengan persentase 30%, 50%, dan 20%. Pembelajaran gambar ilustrasi ini dapat dijadikan sebagai media baru yang efektif bagi peserta didik untuk mengekspresikan ide-ide mereka secara visual, namun pada pembelajaran ini pada saat proses pewarnaan tidak mudah untuk diperbaiki.
Kata Kunci: Gambar Ilustrasi, Totebag, Kreativitas
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

