Penerapan Ragam Hias Aluminium Untuk Siswa VII-B SMP Wachid Hasjim 5 Surabaya
Application of Aluminum Decorative Variety for Students VII-B Wachid Hasyim 5 Junior High School Surabaya
Abstract
Wabah Covid-19 menyebabkan terhentinya banyak kegiatan salah satunya di sektor pendidikan. Meskipun kegiatan tatap muka secara langsung dihentikan, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan melalui daring. SMP Wachid Hasjim 5 Surabaya tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui daring dan luring secara bersamaan. Pemilihan media melalui pertimbangan dari guru dan peneliti karena penggunaan aluminium seperti kaleng bekas minuman dapat dimanfaatkan benda menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan memaparkan hasil penerapan ragam hias dengan media aluminium yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Wachid Hasyim 5 Surabaya secara daring dan luring, serta mendeskripsikan tanggapan siswa kelas VII SMP wachid Hasyim 5 Surabaya terhadap pembelajaran penerapan ragam hias dengan media aluminium. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas VII-B SMP Wachid Hasjim 5 Surabaya. Penelitian dilakukan di semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Data penelitian berupa hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi data untuk pengecekan kembali hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan hasil karya siswa. Hasil penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran siswa secara daring dan luring dapat menyelesaikan sketsa ragam hias dengan baik dan sesuai arahan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

