SEMEN PUTIH SEBAGAI MATERIAL DALAM PEMBELAJARAN SENI PATUNG KELAS IX SMP NEGERI 2 GRESIK

Authors

  • Putri Rahmah Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Wakhid Hidayatno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya di sekolah umum memberikan pengalaman tentang apresiasi, kreativitas,
kehalusan rasa dan mengembangkan ide, untuk tujuan yang lebih besar secara lebih luas. Secara
nasional, siswa harus mencapai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Pada pencapaian kompetensi
keterampilan, siswa diharapkan mampu membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik
yang tepat sesuai dengan ketersediaan di lingkungan subjek penelitian. Semen lazimnya dipakai
sebagai bahan bangunan, tetapi karakteristiknya potensial untuk berkarya dalam pembelajaran Seni
Rupa. Subjek dan lokasi penelitian yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gresik berada di lingkungan
industri semen terbesar di Indonesia. Mengacu pertimbangan tersebut, maka penelitian ini menerapkan
penggunaan semen putih sebagai solusi alternatif dalam belajar praktik seni patung dengan
menerapkan strategi pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan (1)
Mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran Seni Patung menggunakan material semen
putih. (2) Mendeskripsikan hasil belajar. (3) Mendeskripsikan refleksi dan evaluasi Seni Patung.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan
data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa (1) siswa mampu membuat karya seni patung
menggunakan material semen putih dengan baik sesuai prosedur, (2) evaluasi hasil belajar seni patung
termasuk dalam kategori baik, (3) siswa termotivasi belajar seni patung setelah menyelesaikan proyek.


Kata Kunci: Belajar Seni Patung, Semen Putih, Project Based Learning (PjBL)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 166