PEMBELAJARAN KARIKATUR DENGAN TEKNIK MONTASE KELAS VIII-B SMPN 2 BANCAR KABUPATEN TUBAN
Abstract
Seni budaya dengan materi tidak sedikit menjadi tantangan guru dengan perlunya perkembangan
pembelajaran sekaligus praktik media dan bahan baru berkarya montase dikolaborasikan bersama
menggambar karikatur dengan teknik montase materiseni rupa 2 dimensi. Media pembelajaran merupakan
bentuk kreativitas tenaga pendidik dalam memudahkan proses pembelajaran. Pada penelitian ini teknik
montase dipilih sebagai salah satu teknik yang dinilai menarik siswa dalam proses pembelajaran seni
rupa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya
dalam materi dua dimensi, (2) menjelaskan tentang karya akhir menggambar karikatur dengan teknik
montase, dan (3) mendeskripsikan reaksi siswa dan guru terhadap karya menggambar karikatur dengan
menggunakan teknik montase.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini
yaitu siswa kelas VIII-B SMPN 2 Bancar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,
observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kelompok peserta didik dengan
keterampilan dalam kategori kurang baik hingga sangat baik saat menggambar karikatur dengan teknik
montase. Tanggapan guru seni dan budaya serta siswa terhadap penelitian ini mengarah pada penciptaan
instruksi pembuatan karya seni untuk sekolah dan peneliti, serta kontribusi dan alternatif.
Kata Kunci : Mengajar, 2 dimensi, montase, karikatur
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

