PENERAPAN TEKNIK GRID DALAM MELATIH DAYA MIMETIK MENGGAMBAR MODEL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 18 SURABAYA

  • Moh. Rusyid Affandi Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Wakhid Hidayatno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran seni budaya dengan materi menggambar model pada
kelas VIII SMP Negeri 18 Surabaya yang kompetensi mimetiknya belum tercapai atau sangat sulit
memiripkan objek gambarnya, hal ini dikarenakan pada kelas VII mereka tidak mendapatkan materi
seni rupa melainkan seni musik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan
teknik grid mulai dari hasil belajar, karya, evaluasi dan refleksi penerapan teknik grid yaitu teknik
yang ditawarkan sebai solusi atas latar belakang masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif dengan sumber data utamanya yaitu hasil belajar peserta didik, dan sumber data
pendukungnya terdiri dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sampel Subjek
penelitian ini yaitu kelas VIII E SMP Negeri 18 Surabaya. hasilnya, untuk proses pembelajarannya
terdiri dari 2 tahap yaitu persiapan dan pelaksanaan, untuk hasil karya masing masing peserta didik
memiliki keunggulan dan kekurangan pada setiap kriteria yang telah ditentukan, kesulitan yang paling
banyak yaitu pada kriteria arsiran. Hasil evaluasi dan refleksi sebanyak 30 dari 32 peserta didik
mencapai KKM dan ada perkembangan hasil karya yang dialami peserta didik. Kesimpulannya, teknik
grid memberikan dampak yang positif serta berhasil mengatasi latar belakang masalah.

Kata Kunci: Teknik Grid, Menggambar Model, Mimetik, Pembelajaran Seni Budaya

Published
2024-01-11
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 40