PENGEMBANGAN BUKU TUTORIAL PERMAINAN PAINT AND RUN UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RAGAM HIAS DI MAN SIDOARJO

  • Resya Shifa Febrina Universitas Negeri Surabaya
  • Fera Ratyaningrum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media Permainan dapat memicu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan
mampu meningkatkan kreativitas serta motivasi belajar, salah satunya dalam pembelajaran seni budaya
di sekolah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluations dengan subjek penelitian siswa kelas XI - 3 MAN
Sidoarjo yang berjumlah 39 siswa. Terdapat 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi. Validasi dilakukan 2 tahap yaitu validasi ahli materi dan ahli media & desain.
Hasil penelitian melalui 3 tahapan penyusunan yaitu kerangka penyusunan dan perencanaan buku,
pengumpulan bahan berupa materi dan gambar, serta membuat tata letak isi dan evaluasi buku. Hasil
validasi ahli materi dan media telah mendapatkan kesimpulan keseluruhan nilai persentase 92%. Dalam
perhitungan hasil angket respon siswa didapatkan hasil persentase 86%. Tahap uji coba permainan paint
and run menghasilkan 8 karya siswa dengan tema ragam hias dan mendapatkan nilai 90 tertinggi dan
terendah mendapatkan nilai 80. Hasil responden guru seni budaya mendapatkan nilai persentase yaitu
100%. Dalam perhitungan hasil angket didapatkan hasil yang menyatakan bahwa produk buku sangat
layak atau sangat baik untuk pembelajaran seni budaya materi ragam hias di sekolah.


Kata Kunci: tutorial, paint and run, ragam hias

Published
2024-01-17
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 26