QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI TES KOGNITIF DALAM MENGGAMBAR PERSPEKTIF DI X-4 SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN

  • susbawati madya universitas negeri surabaya
  • Imam Zaini universitas negeri surabaya

Abstract

Penerapan penilaian evaluasi pembelajaran pada program kurikulum merdeka belajar oleh guru seni
budaya di kelas X SMA Negeri 1 Mantup Lamongan masih menggunakan cara yang manual. Untuk
mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian evaluasi hasil pengetahuan tes kognitif
siswa dan juga penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik bagi siswa dalam memahami soal
materi menggambar perspektif yaitu dengan menggunakan media Quizizz. Tujuan peneltian ini adalah
untuk mendeskripsikan penerapan dan mendeskripsikan efektivitas dalam menggambar perspektif
pada penggunaan media Quizizz di kelas X-4 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan. Metode penelitian ini
adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel siswa kelas X-4. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik SPSS, dan Uji N-Gain untuk menganalisis
peningkatan atau penurunan terhadap kognitif siswa pada materi soal menggambar perpektif. Hasil
dari kesimpulan ini adalah penerapan media pembelajaran Quizizz materi menggambar perspektif
siswa dapat menjawab pertanyaan dengan sangat cepat, sehingga penerapan media Quizizz dapat
digunakan sebagai media pembelajaran online untuk menilai pembelajaran di berbagai bidang mata
pelajaran. Sedangkan efektivitas penggunaan media Quizizz dalam menilai hasil tes kognitif pada
siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Mantup melalui perolehan pre-test Kriteria Ketercapaian Tujuan
(KKTP) adalah 0% dalam kategori belum mencapai tujuan. Sedangkan perolehan post-test KKTP
setelah diberi perlakuan media Quizizz adalah meningkat 60% dalam kategori sudah mencapai tujuan.


Kata Kunci: Evaluasi, Quizizz, Kognitif, Menggambar Perspektif

Published
2024-01-17
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 8