PENGARUH MATERI MENGGAMBAR SKETSA TERHADAP PRESTASI MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN SISWA KELAS VIII SMPN 2 TAMAN

  • Fatchur Rahman Adityas Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peningkatan prestasi dan kreativitas dalam berkarya dapat dilihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa, salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi dilakukan dengan cara pemberian tambahan materi pada pembelajaran. materi sketsa jarang diterapkan guru sebelum melaukan penilaian menggambar ilustrasi, penambahan materi tersebut diharapkan mampu meningkatkan prestasi dan kreativitas siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Taman pada kelas VIII E yang berperan sebagai kelas kontrol dan VIII F yang berperan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 64 sampel , kelas kontrol dan eksperimen ditetapkan dari hasil analisis peneliti setelah melakukan pretest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran materi sketsa  dan besarnya pengaruh terhadap peningkatan prestasi menggambar ilustrasi kartun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen semu. Dengan desain Quasi Experimental Design. Sumber data diperoleh dari hasil nilai karya wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis dengan bantuan program SPSS 22. Karya ilustrasi siswa dibuat menggunakan media kertas. Proses pembelajaran  berlangsung selama 5x pertemuan. Hasil nilai rata rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 68.86 sedangkan nilai rata rata posttest yaitu 77.47. nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 71.72, sedangkan nilai posttest yaitu 86.17 dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa materi menggambar sketsa berpengaruh pada hasil nilai ilustrasi kartun.

Kata kunci : Ilustrasi, Sketsa, Pembelajaran

Published
2024-01-17
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 22