TEKNIK GRID UNTUK MEMPERMUDAH MENGGAMBAR PERSPEKTIF PADA SISWA SMKN 5 SURABAYA

  • Gerald Andreas Leiwaka Bessy Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa-siswi yang masih kesulitan menggambar perspektif dan belum mengetahui apa cara instan untuk
mempermudah menggambar tampak bangunan selain dengan teknik perspektif dua titik lenyap.Tujuan
penelitian antara lain mengetahui dan mendeskripsikan konsep teknik grid untuk mempermudah
menggambar perspektif pada siswa kelas X KGS 3 SMKN 5 Surabaya, menerapkan teknik grid untuk
mempermudah menggambar perspektif pada siswa kelas X KGS 3 SMKN 5 Surabaya serta, mengetahui
dan mendeskripsikan manfaat teknik grid untuk mempermudah menggambar perspektif pada siswa
kelas X KGS 3 SMKN 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bergerak
pada pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini rata-rata hasil karya siswa dalam kategori baik.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran teknik grid untuk mempermudah
menggambar perspektif sudah cukup baik, karena siswa dilatih untuk mengasah daya konsentrasi dalam
menggambar bangunan auditorium dengan hasil yang mirip dengan objek aslinya. Selain itu, siswa
juga menganggap bahwa kegiatan pembelajaran menggambar perspektif dengan menggunakan teknik
grid menjadi pengalaman baru bagi siswa X KGS 3 yang dapat menambah wawasan dan ketertarikan
mereka terhadap seni rupa.


Kata Kunci: Pembelajaran, Teknik Grid, Menggambar perspektif.

Published
2024-01-21
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 4