PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATERI SENI RUPA 2 DIMENSI KELAS X DI SMK DHARMA WANITA GRESIK

  • Muhammad Daffa Azhari Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Saat pembelajaran seni rupa 2 dimensi kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, ditemukan siswa kurang aktif saat menggunakan metode ceramah, serta minat siswa lebih tertuju pada aktivitas perangkat lunak. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, peneliti memilih menerapkan metode joyfull learning menggunakan power point yang melibatkan siswa, kuis berhadiah, serta permainan dalam pembagian kelompoknya. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Mendeskripsikan persiapan penerapan strategi pembelajaran joyfull learning, (2) Menjelaskan dan mendeskripsikan proses pembelajaran joyfull learning, (3) Menjelaskan dan mendeskripsikan respon atau tanggapan siswa dan guru terhadap hasil karya pembelajaran siswa di SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dimulai dari persiapan materi Power Point, kuis berhadiah, ice breaking, permainan konsentrasi menunjukkan bahwa proses penyampaian power point, kuis berhadiah, ice breaking menggambar, dan pembagian kelompok melalui permainan pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak berhasil menunjukkan hasil yang lebih baik selama empat minggu. Sehingga siswa dapat memahami proses berkarya seni rupa 2 dimensi dengan sangat baik. Tanggapan guru seni budaya dan siswa terhadap penelitian ini dapat memberikan pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan sehingga memberikan kontribusi aktif dan mudah dipahami.

Kata Kunci: Strategi pembelajaran, joyfull learning, seni rupa 2 dimensi

Published
2024-06-02
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 3