BERKARYA TIPOGRAFI BERTEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN PADA PELAKSANAAN P5 DI SMPN 22 SURABAYA
Abstract
SMP Negeri 22 Surabaya merupakan sekolah yang mengembangkan mata pelajaran seni budaya khususnya seni rupa dan termasuk sekolah adiwiyata serta terdapat kegiatan P5. Di SMP Negeri 22 Surabaya dalam berkarya ruang lingkupnya masih mempelajari mengenai seni lukis, mozaik, poster dan menggambar. Kegiatan berkarya belum banyak diekspor khususnya dalam membuat karya tipografi. Dalam penelitian ini peserta didik belajar cara berkarya tipografi dengan barang bekas yakni: sedotan plastik, tutup botol dan kancing baju yang bisa dikreasikan menjadi karya 2 dimensi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil, dan tanggapan guru dan peserta didik mengenai berkarya tipografi bertema gaya hidup berkelanjutan pada pelaksanaan P5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII G SMPN 22 Surabaya. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Divalidasi dengan teknik triangulasi. Pelaksanaan dilakukan 4 pertemuan. Hasil karya tipografi bertema gaya hidup berkelanjutan pada pelaksanaan P5 di SMPN 22 Surabaya menghasilkan 6 karya. Dari rentang nilai 85-100 terdapat 4 kelompok dengan kategori sangat baik sebanyak 66% dan rentang nilai 70-84 terdapat 2 kelompok dengan kategori baik sebanyak 34%. Mendapatkan tanggapan positif dari guru dan peserta didik dengan adanya kegiatan penelitian ini.
Kata kunci : tipografi, gaya hidup berkelanjutan, P5.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

