JARANAN SENTHEREWE SEBAGAI PEMANTIK PROJECT BASED LEARNING MENGGAMBAR ILUSTRASI DIGITAL BERBASIS APLIKASI IBISPAINTX PADA SISWA SMPN 16 SURABAYA
Abstract
Menggambar dengan media digital masih jarang diterapkan di SMPN 16 Surabaya karena pembelajaran masih tertuju pada menggambar manual. Oleh karena itu, peneliti memberikan pembelajaran menggambar ilustrasi digital sehingga siswa bisa mengenal teknologi canggih dan memanfaatkan gadgetnya dengan tepat di bangku sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil, serta respon siswa dan guru terhadap menggambar ilustrasi digital Jaranan Sentherewe berbasis Aplikasi IbisPaintX dalam model pembelajaran PjBL(Project Based Learning) pada siswa SMPN 16 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif, dengan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, kuosioner, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi data. Penelitian ini
diikuti oleh 29 siswa yang dilaksanakan di kelas VIII G selama 4 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama pemaparan materi dan penayangan video pemantik. Pertemuan kedua proses awal sketsa objek. Pada pertemuan ketiga proses pewarnaan objek dan diakhiri pada pertemuan keempat dengan presentasi karya serta penilaian. Penelitian ini menghasilkan 13 karya ilustrasi digital yang dikerjakan secara berkelompok dengan kategori penilaian sangat baik, baik, dan cukup baik. Penelitian ini mendapat respon positif dari siswa dan guru. Respon siswa diperoleh dari pengisian lembar angket. Respon guru diperoleh dari hasil wawancara kepada Vicky Firmandha, S.Pd.,M.Pd. selaku guru Seni Budaya.
Kata Kunci : Jaranan Sentherewe, Project Based learning, Ilustrasi Digital
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

