PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 3 GRESIK
Abstract
Pembelajaran seni budaya di kelas VII SMP Negeri 3 Gresik menunjukkan bahwa kurangnya tenaga pendidik dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik. Dimana di usia ini merupakan masa penentuan perkembangan anak, seharusnya anak sudah dapat mengetahui bakat dan minat mereka dalam dunia kesenian. Perkembangan kreativitas pun masih belum maksimal karena kurangnya keberanian anak untuk eksplorasi diri. Oleh karena itu, peneliti mengajak para peserta didik untuk lebih bebas mengeksplorasi diri dengan menggunakan metode brainstorming. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui konsep penerapan metode pembelajaran brainstorming di SMP Negeri 3 Gresik; (2) Mengetahui proses penerapan metode pembelajaran brainstorming di SMP Negeri 3 Gresik; (3) Mengetahui hasil karya siswa di SMP Negeri 3 Gresik sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran brainstorming; (4) Mengetahui efektifitas penerapan metode brainstorming siswa di SMP Negeri 3 Gresik dalam pembelajaran seni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran brainstorming sangat efektif bagi perkembangan peserta didik. Peserta didik menunjukkan peningkatan hasil karya yang sangat baik serta peserta didik mampu menyampaikan ide/gagasannya secara berani dan tanpa takut salah
Kata Kunci: Seni Budaya, Metode Brainstorming, Karya, Kreativitas, Ide/Gagasan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 77
,
PDF Downloads: 140