PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS MELUKIS DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ATHFAL TULUNGAGUNG

Authors

  • Diki Triwahyupriyadi Universitas Negeri Surabaya
  • I Nyoman Lodra universitas negeri surabaya

Abstract

Bervariasinya metode  pembelajaran seni budaya di Madrasah Ibtidaiyah tentu akan berdampak pada hasil yang variatif juga. Oleh sebab itu, penulis menerapkan metode bercerita sebagai upaya  untuk menumbuhkan kreativitas, berpikir kritis, imajinasi, kolaborasi dan komunikasi anak-anak kelas IV Madrasah Tarbiyatul Athfal Tulungagu.            Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses pembelajaran seni budaya menggunakan metode bercerita, Mendeskripsikan hasil penerapan metode bercerita, Mendeskripsikan penerapan metode bercerita terhadap kreativitas melukis pada anak MI Tarbiyatul Athfal Tulungagung menurut teori Fadel & Trilling. Konsep pembelajaran bercerita dimulai dengan penulis menyampaikan cerita rakya, kemudian siswa menyimak cerita yang disampaikan, setelah itu siswa menggambar sesuai dengan isi cerita yang telah disampaikan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yakni observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi data untuk mengecek kesesuaian antara hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh saat penelitian. Hasil penelitian dengan metode bercerita menghasilkan 10 karya . Berdasarkan semua lukisan siswa kelas IV, terlihat bahwa sebagian besar dari mereka mampu mengilustrasikan dongeng yang disampaikan dan bahkan menyertakan detail tambahan seperti layang-layang, rumah dan gunung. Tanggapan dari siswa dan guru terhadap penerapan metode bercerita ini mampu meningkatkan kreativitas, berfikir kritis, komunikasi, kolaborasi siswa serta menambah wawasan siswa dalam belajar berkarya .

Kata Kunci : Metode, Bercerita, Pembelajaran, Melukis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 53