PENGEMBANGAN MODUL TIPOGRAFI UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK KETINTANG SURABAYA

Authors

  • Ariesty Pinastika Mulyani Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran Desain Komunikasi Visual telah merambah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui kurikulum merdeka. Salah satu materi penting yang diajarkan di SMK Ketintang yakni tipografi. Kendala SMK Ketintang Surabaya masih menggunakan metode presentasi berupa pemaparan langsung. Penting untuk menyediakan modul pembelajaran bagi siswa. Tujuan penelitian yakni 1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul 2) Mendeskripsikan proses penerapan modul 3) Mendeskripsikan hasil penerapan modul pembelajaran Tipografi pada Siswa Kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK Ketintang Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan melalui tahapan pertama yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, penyusunan desain produk, validasi desain, revisi desain, kemudian uji coba produk, revisi produk, dan dilakukan uji coba pemakaian modul pada siswa. Hasil pengembangan produk berupa modul berukuran 21 x 29,7 cm cm berisi 30 halaman sebagai media belajar tipografi untuk siswa. Proses pembelajaran berlangsung melalui metode hand lettering. Modul telah melewati tahap validasi dan hasil penilaian dari ahli media menunjukkan total skor 27 dengan persentase validitas sebesar 90%, ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut sangat valid. Hasil penilaian dari ahli materi menunjukkan total skor 26 dengan persentase validitas sebesar 86,7%, ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut sangat valid. Hasil penilaian dari ahli desain menunjukkan total skor 28 dengan persentase validitas sebesar 93,3%. Hasil penerapan modul berdasarkan hasil penilaian karya handlettering oleh 35 siswa kelas X Desain Komunikasi Visual 3 SMK Ketintang Surabaya, ditemukan bahwa 22 siswa mencapai kategori "Sangat Baik", 8 siswa masuk dalam kategori "Baik", 3 siswa mencapai kategori "Cukup Baik", dan 2 siswa mendapat kategori "Kurang Baik". Modul tipografi tergolong sesuai digunakan untuk pembelajaran dasar Desain Komunikasi Visual di SMK Ketintang Surabaya.

Kata Kunci: Modul, Tipografi, Desain Komunikasi Visual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03
Abstract views: 115 , PDF Downloads: 274