PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ORNAMEN SEBAGAI PENDUKUNG KALIGRAFI ARAB DI MEDIA KANVAS PADA SISWA KELAS IX SMP IT AR-RAHMAN TULANGAN SIDOARJO
Abstract
Ornamen sebagian besar umum untuk dijadikan sebagai unsur pendukung dalam kepenulisan kaligrafi arab. Pembelajaran ragam hias juga diajarkan pada sekolah SMP IT AR-Rahman Tulangan Sidoarjo. Pendekatan pembelajaran dan media berkarya yang digunakan masih tergolong tradisional, sehingga memerlukan pengembangan pendekatan dan media belajar untuk siswa. Penelitian hendak 1) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggambar ornamen kaligrafi Arab di media kanvas 2) mengetahui dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menggambar ornamen kaligrafi arab di media kanvas 3) mendeskripsikan tanggapan murid dan guru terhadap pembelajaran menggambar ornamen kaligrafi arab di media kanvas pada siswa kelas XI-A di SMP IT AR-Rahman Tulangan Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Kualitatif dengan mendeskripsikan hasil. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan, melakukan pembelajaran dan penugasan dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, berikutnya yakni penilaian terhadap karya siswa dan mengetahui umpan balik yang diberikan. Hasil pengkaryaan gambar ornamen memakai media kanvas dari para murid kelas IX-A memberi dampak positif yang berarti dalam pengembangan kemahiran daya cipta dan daya visualisasi murid pada pembelajaran gambar ornamen. Lewat pemakaian media kanvas pembelajaran gambar ornamen bisa sukses dan dapat dipakai sebagai media ajar baru yang cukup berdampak ke para murid buat ajang berekspresi tentang gagasan visual mereka.
Kata Kunci: Gambar Ornamen, Kanvas, Daya Penciptaan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

