Penerapan Project Based Learning (PjBL) Materi Product Photography di Ekstrakurikuler Turcham Media SMA Khadijah Surabaya
Abstract
Pembelajaran yang tidak menarik menyebabkan siswa menjadi bosan, sehingga tidak bisa menerima pengetahuan.Salah satu model pembelajaran yang sangat baik dan dapat diterapkan pada Product Photography adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses, hasil karya, dan respon siswa dan instruktur ekstrakurikuler Turcham Media SMA Khadijah Surabaya terhadap penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, Wawancara, hasil karya, dan angket. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran. Hasil belajar diperoleh dari penilaian hasil karya siswa dan angket tentang Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk materi Product Photography di ekstrakurikuler Turcham Media di SMA Khadijah Surabaya menunjukkan kualitas yang sangat baik dengan persentase 97,35%. Hasil fotografi produk di kelompok 1 mendapat nilai 90, kelompok 2 mendapat nilai 100, kelompok 3 mendapat nilai 90 dan kelompok 4 mendapat nilai 90. Selain itu, penelitian ini mendapat tanggapan positif dari guru turcham media ekstrakurikuler. Mereka berharap kegiatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai inovasi baru dalam metode.
Kata Kunci: SMA Khadijah Surabaya, Ekstrakurikuler Turcham Media, Project Based Learning, Product Photography.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 61
,
PDF Downloads: 133