STOP BULLYING SEBAGAI TEMA BERKARYA SENI LUKIS DI KELAS VIII SMPN 33 GRESIK

Authors

  • Muhammad Hafizh Risqullah Universitas Negeri Surabaya
  • Winarno Winarno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perilaku bullying yang terjadi di SMPN 33 Gresik serta pembelajaran dengan tema yang itu-itu saja membuat berkurangnya rasa antusias siswa dalam pembelajaran seni rupa sehingga ingin ingin meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam berkarya lukis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran berkarya seni lukis dengan tema bullying di media kanvas oleh siswa kelas VIII SMPN 33 Gresik dengan membuat perencanaan pembelajaran, melakukan tindakan serta melakukan kegiatan evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode action research guna menyajikan proses kegiatan pembelajaran seni lukis dengan tema stop bullying dan pada hasil penelitian menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tahap membuat perencanaan pembelajaran (action planning) dengan menyusun RPP, membuat modul serta mempersiapkan peralatan dan media kanvas. Pada pelaksanaan pembelajaran (action taking) dilakukan dengan tiga tahap, yaitu kegiatan awal pembelajaran, inti pembelajaran serta kegiatan penutup. Dilakukan evaluasi dan refleksi (evaluating & reflection) yang mengahasilkan, bahwa 55% karya siswa yang dihasilkan sangat baik dan cukup baik, sehingga pembelajaran ini membuat siswa antusias dan dan mampu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kreativitas serta penguasaan media dan teknik berkarya seni lukis pada media kanvas.

 Kata Kunci: Bullying, Seni Lukis, Pembelajaran, Action Research, SMPN 33 Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-06
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 31