PEMBELAJARAN SENI PAPER CUTTING BERTEMA “KEBUDAYAAN MADURA” OLEH SISWA KELAS XI - 8 SMA NEGERI 1 KAMAL
Abstract
Pembelajaran seni budaya di kelas XI - 8 SMA Negeri 1 Kamal berisi materi tentang berkarya seni rupa dua dimensi “Membuat Karya Ekspresi Personal”. Dalam proses praktik berkarya masih monoton seperti melukis pada kertas gambar, kanvas, dan telenan. Siswa perlu dilatih untuk meningkatkan keterampilan dan menambah pengalaman baru berkarya seni rupa, salah satunya dengan berkarya seni paper cutting bertema kebudayaan Madura. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil karya, serta tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran seni paper cutting bertema “Kebudayaan Madura”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan evaluasi hasil karya. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan divalidasi menggunakan triangulasi data. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan di kelas XI - 8 dengan jumlah 36 siswa. Dari penelitian ini dihasilkan 6 karya dua dimensi hiasan dinding menggunakan pigora ukuran 40x50 cm. Terdapat 4 kelompok yang memperoleh nilai sangat baik dengan rentang nilai 91–100 dan dua kelompok memperoleh nilai baik dengan rentang nilai 81–90. Kegiatan penelitian mendapat tanggapan positif dari guru seni budaya dan siswa kelas XI - 8.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 129