PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK HOME INDUSTRY BATIK CEMPAKA MOJOKERTO

Authors

  • Ahmad Seroja Srytysno Putra Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Anggun Camelia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Perancangan, Media, Promosi, Home Industry, Batik

Abstract

Menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri batik, Batik Cempaka menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan promosi produknya yang selama ini dilakukan masih terbatas pada pemasaran dari mulut ke mulut dan partisipasi dalam pameran-pameran lokal. Statregi promosi dipilih dengan memperbaharui media promosi yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik Batik Cempaka di mata konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Deskriptif meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan saran validator. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, proses, dan penerapan perancangan media promosi efektif bagi Batik Cempaka Mojokerto dengan menerapkan model 4D yaitu (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan dan analisis data Existing. Tahap pertama pendefinisian masalah, identifikasi dan analisis data, Tahap perancangan perencanaan konsep kreatif dan strategi media, Tahap berikutnya proses desain yakni sketsa awal (Thumbnail), lalu perancangan komposisi dan tata letak dengan Coreldraw (Tightissue), hingga desain akhir (Final) yang siap diterapkan pada media promosi, Tahap penerapan desain akhir media divalidasi oleh validator ahli media menunjukkan kelayakan 94,6% untuk desain, kemudian diterapkan pada media promosi seperti kartu nama, brosur, kemasan, poster, infografis roll banner, dan merchandise (mug, paper bag, stiker label). Hasil akhir media promosi ini berhasil memperkuat branding Batik Cempaka, mengomunikasikan nilai budaya Majapahit, dan meningkatkan daya saing di industri batik.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soegiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Dinda, and Reni. 2019. “View of PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI.” Jurnal Common. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307.

Febrian, Arsya Inzaghi, and Hendro Aryanto. 2022. “Perancangan Media Promosi Nanistika Homemade Bakery.” Jurnal Barik 3(3): 208–20. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/.

Fitrah Sahara Pembimbing, Siti, Andi M Rifiyan Arief, SST M Par, and Program Studi Pariwisata. 2017. “Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak.” Jom Fisip 4(2): 1–11.

Hidayat, Wahyu, Riri Mahmuriyah, and Sri Ndayani Ratna Safitri. 2016. “Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi.” SENSI Journal 2(2): 184–97. doi:10.33050/sensi.v2i2.752.

Kania Putri Santoso, Citra, and Nova Kristiana. 2023. “Implementasi Logo Batik Putro Kembang Sore Pada Media Corporate Identity.” Junal Desgrafia 1(2): 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/.

Mahrina, Helvoni, and Nina Yulianasari. 2021. “Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Batik Besurek Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Industri Kreatif Kerajinan Batik Besurek Di Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 9(2): 365–76.

Oktaviani Putri, Dita, and Eko Agus Basuki Oemar. 2019. “Perancangan Corporate Identity Danny’S Kitchen Surabaya.” Jurnal Seni Rupa 7(1).

Pengembangan, A Model. 2019. “Gambar 1. Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983).” (10).

Raharjo, Taufik. 2017. “Perancangan Corporate Identity Arstudio Di Bandung.” Jurnal Sketsa : E Journal BSI 4(2): 41–52. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa41.

Rahmawati, Citra, and Asidigisianti Surya Patria. 2018. “Perancangan Flap Book Sebagai Sarana Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Untuk Anak Usia 7-10 Tahun.” Jurnal Seni Rupa 06(01): 816–22.

Triadi, Defri, and Cristi Devi Darnita. 2021. “Strategi Membangun Brand Image Dan Promosi Dengan Sosial Media Pada UMKM Jawet Sama Arep.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(2): 326–48. doi:10.47668/pkwu.v9i2.241.

Downloads

Published

2024-11-19
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 88