GAMBAR ILUSTRASI DAMAR KURUNG PADA TOTEBAG SEBAGAI EDUKASI BUDAYA DI SMP YIMI GRESIK FULL DAY SCHOOL
Keywords:
Gambar Ilustrasi, Damar Kurung, TotebagAbstract
Kurikulum dalam pendidikan seni di sekolah dapat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kegiatan kreatif dari tahap proses hingga tahap apresiasi. Namun, proses pembelajaran sering kali kurang mengeksplorasi media untuk berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses, hasil karya serta evaluasi peserta didik terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi Damar Kurung pada media totebag. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan berbagai teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, simpulan, dan validitas data. Penelitian ini berlangsung dalam tiga pertemuan dengan 15 peserta didik di kelas VIII B SMP YIMI Gresik Full Day School dengan pertemuan pertama berfokus pada penyampaian materi dan pembuatan sketsa, pertemuan kedua memindahkan sketsa pada totebag, pertemuan ketiga proses pewarnaan hingga finishing karya. Hasil karya peserta didik memperoleh nilai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 93 dan hasil perhitungan angket memperoleh nilai 81% dari 15 peserta didik merespon pembelajaran menyenangan serta memberikan pengalaman kreatif dalam berkarya. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil memberikan edukasi budaya Damar Kurung pada media berkarya yang inovatif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 77