PERANCANGAN VIDEO TUTORIAL “PEMBUATAN KARYA LOGAM KUNINGAN DENGAN TEKNIK TEKAN KRAWANGAN”

Authors

  • Arif Bagus Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Angge Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Logam, Teknik Tekan, Video Tutorial

Abstract

Minimnya dokumentasi dan video tutorial menjadi kendala dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan kriya logam di kalangan mahasiswa seni rupa maupun masyarakat umum.

Proses penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize (identifikasi masalah), define (perumusan masalah), ideate (pengembangan konsep dan storyboard), prototype (produksi dan validasi video), dan testing (uji coba video tutorial). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Video tutorial dirancang dengan durasi 10 menit yang menyajikan pengenalan bahan bahan dan langkah-langkah pembuatan karya logam kuningan yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan media dengan persentase kelayakan masing-masing 93% dan 65%. Video dirancang dengan storyboard mencakup pengenalan alat dan bahan, langkah-langkah pembuatan desain, hingga tahap finishing. Hasil uji coba terhadap 10 responden menunjukkan bahwa 70% menilai video sangat sesuai sebagai referensi berkarya, 60% menyatakan materi sangat sesuai, dan 80% menyatakan durasi video sesuai.

Kesimpulan penelitian yang berjudul Video tutorial “Pembuatan Karya Logam Kuningan Teknik Tekan dan Krawangan” layak dijadikan referensi dan dapat membantu mahasiswa maupun praktisi seni rupa dalam memahami dan mempraktikkan teknik kriya logam. Video tersebut tidak hanya memberikan solusi atas minimnya referensi, tetapi juga menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini Farida Nur (2022) PERANCANGAN VIDEO TUTORIAL MENGGAMBAR RAGAM HIAS MENGGUNAKAN

IBISPAINT X DI MEDIA SOSIAL TIKTOK Jurnal Seni Rupa, Vol. 10 No. 4, Tahun 2022, Hal. 83-96

Angge, Chrysanti. 2021. Kriya Logam. Gresik. Penerbit Graniti.Fani, Giyo. (2021) Pemanfaatan Kaleng Bekas

Untuk Pembuatan Karya Logam Teknik

Tekan Bersama FP2M. Jurnal Seni Rupa,

Vol. 9 No 3, Tahun 2021, 279-293.

Iswara, N. I. (2022). Perancangan Media Video

Tutorial Menggambar Karikatur dengan

Aplikasi Ibis Paint X dalam Pembelajaran

Ilustrasi secara Daring pada Kelas XI

MIPA di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal

Seni Rupa, Vol. 10 No. 4, Tahun 2022,

Hal. 83-96.

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An

introduction to Design Thinking. Institute

of Design at. Stanford. Diunduh pada

tanggal 5 april 2023

https://doi.org/10.1027/2151-

2604/a000142.

Thabroni, Gamal. 2022. Pengertian Desain

(Lengkap) berdasarkan Pendapat Para

Ahli. Diunduh pada tanggal 5 april 2023

https://serupa.id/pengertian-desain/

Tirtobisono, Yan. (1999). Kamus Komputer

Lengkap. Surabaya: Karya Utama.

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 53