PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL KARIKATUR TEMA POTRET DIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 14 SURABAYA
Keywords:
Karikatur, Video Tutorial, Youtube Shorts, Potret Diri, SMAN 14 SBYAbstract
Video singkat yang ada di media sosial seperti Youtube Shorts kerap digemari kaum muda. Konten video yang disajikan pun beragam, ada yang membahas tentang fakta, sejarah, permainan, alat kecantikan, bisnis, berita, dan seni. Di kelas XI SMAN 14 Surabaya terdapat mata pelajaran seni rupa yang membahas ilustrasi karikatur. Namun, peserta didik kurang mengetahui materi karikatur secara mendalam. Adapun kendala lainnya seperti kesulitan dalam proses colouring dan membuka media sosial ketika guru menerangkan materi di kelas. Penelitian ini bertujuan, mendeskripsikan konsep perancangan video tutorial, proses pembuatan video tutorial, hasil penerapan video karikatur, dan mengetahui tanggapan atau respon peserta didik kelas XI di SMAN 14 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Tenik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik validitas data melalui validasi ahli dan uji coba produk. Konsep perancangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, penyusunan materi, mengkonsep video tutorial, dan desain produk. Proses pembuatan video tutorial meliputi mendesain produk video tutorial, melakukan validasi desain produk, merevisi produk video tutorial, dan publikasi media. Hasil penerapan media video tutorial mendapatkan presentase sebesar 81,14%. Tanggapan atau respon peserta didik setelah diberi kuesioner google formulir mendapatkan presentase sebesar 89,8%. Media video tutorial terbukti sangat efektif dalam pembelajaran seni rupa.
Downloads
References
Apa itu ibisPaint - ibisPaint. (2025). diunduh pada
Tanggal 26 Februari 2025, dari
https://ibispaint.com/about.jsp?lang=in
Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. In
GP Press.
Gunawan, Ritonga. (2019). Media Pembelajaran
Berbasis Industri 4.0. RajaGrafindo Persada.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., &
Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In
Tahta Media Group.
Heru Dwi Waluyanto. (2000). Karikatur Sebagai
Karya Komunikasi Visual Dalam
Penyampaian Kritik Sosial. Nirmana, 2(2),
128–134.
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/
dkv/article/view/16059
“Pengembangan Media Video Tutorial Karikatur Tema Potret Diri Untuk Siswa Kelas XI SMAN 14 Surabaya”
55
Indiria Maharsi. (2016). Ilustrasi. Badan Penerbit
ISI Yogyakarta.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran.
Bintang Sutabaya, 1–129.
Masykur, R. (2019). Telaah Kurikulum
Pengembangan Kurikulum. In CV. Anugrah
Utama Raharja.
Rivaldo, Maulana, Prabadhi, Sangkoso, &
Faustina. (2022). View of Konsolidasi
Identitas Nasional Dengan Penggunaan
Media Sosial Youtube Shorts. (2022).
diunduh pada Tanggal 26 Februari 2025, dari
https://journal.forikami.com/index.php/nusa
ntara/article/view/68/34
Salam, S., Sukarman, Hasnawati, & Mahemin, M.
(2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. In
Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Slamet Supriyadi. (2010). Wacana Karikatur
Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Visi dan Misi – Official Site SMAN 14 Surabaya.
(2019). diunduh pada Tanggal 26 Februari
2025, dari https://www.sma14sby.sch.id/visidan-misi
Downloads
Published
Issue
Section

