PENERAPAN TEKNIK SULAM PADA MOTIF DAMAR KURUNG OLEH SISWA MAN 2 GRESIK

Authors

  • Chamida Bahiyyah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Untuk meningkatkan penerapan budaya lokal di sekolah, diperlukan inovasi dalam pembelajaran keterampilan. Penelitian ini mengkaji penerapan teknik sulam pada motif damar kurung sebagai upaya mengenalkan budaya lokal kepada siswa MAN 2 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan teknik sulam, hasil karya siswa, serta tanggapan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan validasi menggunakan triangulasi teknik. Penelitian berlangsung selama lima pertemuan, meliputi pemahaman teori, pembuatan sketsa, praktik menyulam, dan evaluasi hasil. Lima produk sulaman dengan motif damar kurung dihasilkan, dengan 60% karya berkategori sangat baik dan 40% baik. Tanggapan guru pada penelitian ini yakni penerapan teknik sulam pada motif damar kurung merupakan ide baru bagi guru dan dapat diterapkan pada pembelajaran selanjutnya, sementara siswa menilai praktik ini menarik meskipun menghadapi kesulitan dalam bahan kain dan durasi pengerjaan. Secara keseluruhan, teknik sulam ini efektif diterapkan dalam pembelajaran seni budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibni Kafi, M., Mardhiyah, A., Indriyanti, V., & Universitas Internasional Semen Indonesia. (2021). DAMAR KURUNG - EKSISTENSI LENTERA WARISAN BUDAYA GRESIK PADA ERA GENERASI Z YANG MEMILIKI INOVASI PEMBARUAN KREATIF DAN MODERNISASI TEKNOLOGI DIGITAL [Journal-article].

Rachminingsih, E. (2009). Sulaman Bunga Pada Tas Cantik & Pernik Rumah Tangga (I. Hardiman, Ed.).

Sugono, Dendy. Dkk. 2008. “Kamus Bahasa Indonesia”. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suhersono, H. (2006). Desain bordir motif etnik geometris (I. Hardiman (ed.)). Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-01-31
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 47