PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN UNSUR SENI RUPA DI SMAN 1 PULUNG PONOROGO
Keywords:
unsur seni rupa, pop up book, pengembangan media pembelajaran, SMAN 1 PulungAbstract
Pembelajaran Seni Budaya khususnya materi unsur seni rupa di SMAN 1 Pulung berjalan dengan kurang optimal di karenakan keterbatasan media ajar yang digunakan. Pengembangan media pop up book unsur seni rupa bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembuatan media ajar pop up book, uji coba penerapan pop up book dan hasil serta respon setelah penerapan pop up book. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) Sugiyono (2018) yang meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumenti, pretest, postest, serta angket responden. Kelayakan media ajar pop up book diperoleh dari hasil validasi Validasi media memperoleh presentase 88% dan validasi materi memperoleh presentase 76%. Hasil dari validasi menujukkan indikator layak untuk di uji coba. Hasil dari ujicoba media ini dibuktikan dari peningkatan nilai siswa sebesar 18% dari nilai rata-rata pretest 59 menjadi 77 pada postest. Hasil dan respon peserta didik terhadap media ajar pop up book unsur seni rupa dilihat dari presetase dari angket yang disebar, dan mendapatkan presentase sebesar 97%. Berdasarkan hasil di atas, media ini efektif digunakan dalam pembelajaran unsur seni rupa.
Downloads
References
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Hakim, L. (2015). Pop-up sebagai Media
Pembelajaran Seni Rupa Terapan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1, 1–9.
Halisah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Universitas Islam Negeri Raden Intan, 1–156.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i 1.349
Khadijah, A., Hasan, H. K., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop- Up Book Terhadap The Influence of the Use of Pop-Up Book Media on the Learning Outcomes of Fourth Grade Elementary School Students in Pinrang Regency. Pinisi Journal of Education, 1(2), 200–209.
Nurhidayati, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Buku Paket Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIS Darul Iman. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/ 650/%0Ahttp://repository.iainpalu.ac.id/i
d/eprint/650/1/Nurhidayati.pdf Pendidikan, J., Indonesia, S., Safri, M., Sari, S. A.,
Studi, P., & Kimia, P. (2017).
PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR POP- UP BOOK PADA MATERI MINYAK BUMI Meilia Safri : Pengembangan Media Belajar ....... | 107. 05(01), 107–113.
Prof. Dr. Emzir, M. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).
Riyana, R. S. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran.
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1– 95.
Silqi, V. I., & Febrianto, R. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Untuk Siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 883–892. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.219 4
Sofyan Salam, S. H. (2020). Pengetshuan Dasar Seni Rupa. Universitas Negeri Makassar.
Suparta, I. M. (2020). Unsur-Unsur Seni Rupa. Theinsidemag, 1(2), 274–282.
Ummah, S., & Fadhilah, N. U. R. (2024).
Pengembangan pop up book sebagai media
pengenalan jenis khat skripsi.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K.,
Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
Issue
Section

