PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMANFAATAN ARTSTEPS UNTUK PAMERAN VIRTUAL SISWA SMP NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN

Authors

  • Nuril Ubudz Romadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Anggun Camelia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Video Tutorial, Artsteps, Media Pembelajaran

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong inovasi media pembelajaran, termasuk dalam pameran seni rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial penggunaan platform Artsteps untuk pameran virtual di SMP Negeri 1 Larangan, Pamekasan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (4D) model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate) dengan subjek penelitian terhadap 26 siswa kelas IX.5 SMP Negeri 1 Larangan. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan sebesar 96%, dan hasil uji coba menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik dari 57% (pretest) menjadi 91% (postest). Untuk mengetahui proses uji coba video tutorial dapat dilihat pula pada hasil karya pameran virtual peserta didik. Hasil karya tersebut menghasilkan bahwa peserta didik mampu untuk membuat pameran virtual dengan bantuan Artsteps. Selain itu, sebagian besar peserta didik menyatakan video tutorial yang telah dikembangkan dapat membantu pemahaman dan meningkatkan antusiasme mereka. Dengan demikian, video tutorial Artsteps dinilai efektif sebagai media pembelajaran pameran virtual secara interaktif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Bella, M. O. (2011). Graha Apresiasi Seni Lukis Anak Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).

Izzah, F. M., Russanti, I., Hidayati, L., & Kharnolis, M. (2024). Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Tas Belanja Ecoprint dari Kertas Semen pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Kartika IV-11 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16082-16091.

Rupa, J. S. (2022). Instagram Sebagai Media Penyajian Project Dan Karya Seni Pada Praktik Pameran Online Siswa Kelas Ixd Smpn 31 Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 10(3), 57-69.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syakir, S., & Haryanto, E. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Artstep. com dalam Pagelaran Pameran Seni Rupa Daring oleh Peserta Didik SMPI Al Azhar 12 Rawamangun, Jakarta Timur. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1291- 1299.

Yuningsih, C. R., & Zen, A. P. (2021). Lokakarya seni rupa: Penggunaan bahan bekas pakai untuk kreativitas siswa di

mengembangkan Kabupaten Pamekasan” 33 masa pandemi. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 26-34.4

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-10
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 5