PERANCANGAN VIDEO DOKUMENTER PENCIPTAAN GAMBAR SUREALISME KOMBINASI TEKNIK ARSIR MANUAL DAN DIGITAL PAINTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Keywords:
ilustrasi, surealisme, digital, painting, arsirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang video dokumenter penciptaan gambar surealisme yang mengombinasikan teknik arsir manual dan digital painting sebagai media pembelajaran seni rupa. Latar belakang penelitian didasari oleh minimnya konten pembelajaran yang mengintegrasikan kedua teknik tersebut, padahal kebutuhan akan pendekatan berbasis teknologi dalam proses berkarya semakin meningkat.
Metode yang digunakan adalah Design Thinking dengan lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 88%. Video menampilkan narasi kekaryaan, proses penciptaan, sumber inspirasi, serta refleksi seniman. Uji coba pada 21 responden menunjukkan bahwa video efektif memantik semangat berkesenian (95,2%), dipahami dalam proses berkarya (100%), memperluas wawasan seni lukis (100%), menarik dan menggugah keingintahuan lebih lanjut (95,2%), serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarya (100%).
Berdasarkan validasi dan uji coba pada 21 responden, video dokumenter ini dinyatakan layak sebagai referensi dan media pembelajaran dalam eksplorasi seni rupa kontemporer berbasis kombinasi teknik manual dan digital.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cheppy, R. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3AI UPI. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Deka, A. (2012). Digital painting & desain karakter dengan Adobe Photoshop. Yogyakarta: Andi.
Kelley, T., & Brown, D. (2018). Creative confidence: Unleashing the creative potential within us all.
New York: Crown Business.
Lambert, J. (2013). Digital storytelling: Capturing lives, creating community (4th ed.). New York: Routledge.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Nichols, B. (2017). Introduction to documentary (3rd ed.). Indiana: Indiana University Press.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children.
New York: International Universities Press. Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3AI UPI.
Rohidi, T. R. (1984). Seni dalam proses pendidikan. Jakarta: P3G.
Soedarso, S. (1990). Dasar-dasar gambar bentuk. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.
Surayya, M. (2012). Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar. Jakarta: Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 53
,
PDF Downloads: 50