PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL ARSIR MENGGUNAKAN DRAWING PEN UNTUK VARIASI CAHAYA DALAM MENGGAMBAR BENTUK DI SMA SHAFTA SURABAYA

Authors

  • Salsabila Indrawati Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Winarno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian bertujuan membantu siswa mengenal pembelajaran seni rupa gambar bentuk menggunakan drawing pen. Metode penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Langkah-langkah yang digunakan: identifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk (1), revisi produk, validasi desain produk (2), Pre-Test, uji coba pemakaian, Post-Test. Subjek penelitian 16 siswa kelas X-1 SMA SHAFTA Surabaya. Konsep: perancangan produk, menganalisis observasi, mengumpulkan data, menyusun konsep, mendesain produk. Memiliki total 7 video, 3 materi, 4 praktik. Durasi video 1.00 - 1.45 menit. Presentase validasi ahli materi 1: 83,07% kategori revisi. Presentase validasi ahli materi tahap dua 94% masuk kategori sangat baik, layak diuji cobakan. Validasi ahli media tahap 1: 75% kategori cukup, tahap 2 mendapatkan 94% kategori sangat baik. Dipublikasikan di YouTube. Hasil Pre-Test berkarya memakai rubrik penilaian, mendapatkan 33% kategori hasil kurang baik. Hasil kuisioner Pre-Test mendapat 75% cukup baik. Setelah dilaksanakan uji coba pemakaian produk, Post-Test praktik berkarya, hasil penilaian bedasarkan rubrik penilaian mendapatkan 92,18% masuk kategori sangat baik. Tanggapan uji coba pemakaian peserta didik melalui google formulir mendapatkan 94% dikategorikan sangat baik. Hasil kuisioner guru seni budaya mendapat 86% yang masuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan untuk media pembelajaran seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ebdi Sanyoto, Sadjiman. 2010. Nirmana Elemen-elemen seni dan desain. 2 ed. Yogyakarta: Jalasutra.

Dewi, C. S. (2012). Pengetahuan dasar seni rupa. FSR IKJ Press.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Hamalik, O., 2013, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Askara.

Maulida, D., & Saleh, K. (2020). Menggambar Bentuk Melalui Media Video Tutorial di SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 218-225.

Rasyad,Rifqi.2012.http://rifqirasyad.blogspot.com/2012/01/gambarbentuk.html. (Diunduh pada tanggal 11november 2012).

Rupa, J. S. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT ARSIR TEKSTUR PADA APLIKASI TIKTOK DI SMPN 1 KEMLAGI MOJOKERTO.

Santosa, M. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK UNTUK SISWA KELAS VII. 1 DI SMPN 48 MAKASSAR (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sanyoto, E. (2010). Dasar-dasar seni rupa dan desain. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Salam, S., Bachtiar, S., Hasnawati, H., & Muhaemin, M. (2020). Pengetahuan dasar seni rupa. Badan Penerbit UNM.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparta, I. M. (2010). Prinsip seni rupa. Artikel Bulan, 4, 1-2.

Downloads

Published

2025-07-10
Abstract views: 166 , PDF Downloads: 155