PERANCANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN MASKOT UNTUK PERSONAL BRANDING MENGGUNAKAN APLIKASI MEDIBANG PAINT
Keywords:
Video Tutorial, Maskot, Personal Branding, MediBang Paint, YouTubeAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya video tutorial di YouTube yang membahas cara membuat maskot untuk personal branding secara terperinci, ramah pemula, dengan teknik 5M menggunakan Bahasa Indonesia melalui aplikasi MediBang Paint. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan proses pembuatan video tutorial serta mengetahui tanggapan dari responden. Penelitian menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap Define bertujuan mengidentifikasi permasalahan dasar yang dapat diselesaikan melalui media pembelajaran. Pada tahap Design, peneliti membuat script video lengkap, storyboard, merekam narasi, menentukan palet warna, dan menggambar aset ilustrasi. Setelah seluruh materi siap, peneliti melakukan editing menjadi tiga video berdimensi 1920x1080 piksel berdurasi 5–10 menit menggunakan aplikasi CapCut. Video kemudian dipublikasikan di YouTube dengan thumbnail menarik. Hasil akhir divalidasi oleh ahli materi dan media untuk memastikan kualitas. Hasil validasi media memperoleh nilai 95% dan validasi materi tahap dua sebesar 92%, keduanya masuk kategori sangat baik. Uji coba terhadap 30 audiens usia 16–25 tahun melalui Google Form menghasilkan nilai 91,75%. Maka, video tutorial dinyatakan layak dipublikasikan dan terbukti efektif membantu audiens mendesain maskot personal branding secara mandiri menggunakan MediBang Paint.
Downloads
References
Armayuda, E., & Pragadeva, R. (2020). Metode Desain Dari Brand Menjadi Maskot Berdasarkan Adaptasi Metode Alina Wheeler Ke Dalam Model 5M. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 277–287. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3 622
Caufield, K. (2012). Analyzing the effects of brand mascots on social media : Johnson City Power Board case study. Undergraduate Honors Theses, 23. http://dc.etsu.edu/honors/40
Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Haq, N. S., & Nisa, D. A. (2024). Penggunaan Maskot Sebagai Media Pendukung Untuk Kegiatan Promosi di Wisata Agro Lembah Kecubung. 2(1).
Jhalugilang, P., Arjuna, J., Nomor, U., Kepa, D., & Jeruk, K. (2018). Sebagai Sebuah Brand dan Pemanfaatan Media Sosial dalam Memperkuat Brand Jurnal Komunikologi. 15(2). www.asiangames2018.id,
Meiyanti, D. W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT ARSIR TEKSTUR PADA APLIKASI TIKTOK DI SMPN 1 KEMLAGI MOJOKERTO.
Nauseda, K. A., & Frey. (2024). What is Personal Branding? Why it’s Important. Forbes. https://books.forbes.com/blog/what-is- personal-branding/#:~:text=A personal brand is the acknowledged perception of,branding is the process of creating that impression
Parengkuan, E., & Tumewu, B. (2014). Personal brand-inc : rahasia untuk sukses dan bertahan di karir.
Sabila, S., & Camelia, I. A. (2023). Perancangan Video Tutorial Menggambar Ilustrasi Dari Cerita Rakyat Sawunggaling Pada Media Sosial Tiktok. Jurnal Seni Rupa, 11(1), 69– 82.
Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38.
Supriadi, O. A., Aulia, R., Syafikarani, A., Komariah, S. H., & Ar Razi, A. (2022). Perancangan Maskot Kampanye PROKES (Program Kembali Ke Sekolah) Untuk Mendukung PTM Terbatas di SMP Bina Taruna Bandung. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1174–1179. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.107 69
Thiagarajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022- 4405(76)90066-2
Downloads
Published
Issue
Section

