PENGEMBANGAN E-BOOK BAHAN AJAR BATIK JAWA TIMUR UNTUK PEMBELJARAN MATERI RAGAM HIAS DI SMPN 2 LAMONGAN

Authors

  • Agnesya Ayu Mansyurina Universitas Negeri Surabaya
  • Fera Ratyaningrum Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Bahan Ajar, E-book, Batik, Jawa Timur, Ragam Hias

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada terbatasnya bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Seni Budaya di kelas VII SMPN 2 Lamongan. Guru masih mengandalkan buku paketyang belum memuat keragaman motif batik dari berbagai daerah di Jawa Timur. Hal ini membuatpeserta didik kurang mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang keberagaman batik sebagaiwarisan budaya Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan bahan ajar digital yang lebih menarik, informatif, serta sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-book Batik Jawa Timur untuk pembelajaran materi ragam hias di kelas VII SMPN 2 Lamongan. E-book ini dikembangkan menggunakan aplikasi Canva untuk desain dan Heyzine Flipbook sebagai platform penyajian digital interaktif. Isi e-book dilengkapi dengan video sejarah batik, proses pembuatan batik, serta pengenalan motif batik dariberbagai daerah di Jawa Timur beserta filosofinya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang disederhanakan dari model Sugiyono, meliputi analisis kebutuhan, desain produk, validasi oleh ahli media dan ahli materi, revisi, uji coba skala kecil, dan uji coba pemakaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-book sangat layak digunakan, dengan skor 86% dari ahli media dan 93% dari ahli materi. Respon peserta didik juga sangat positif terhadap isi, tampilan, dan aksesibilitas bahan ajar. Dengan demikian, e-book Batik Jawa Timur dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran Seni Budaya, khususnya pada materi ragam hias.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Diah Saraswati, et.al./ Journal of Educational Research and Evaluation 10 (2) (2021) 100-107.

Haris, 2011. Manfaat E-Book, 16. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Canva_logo..png https://heyzine.com/how-to/create-your-first-flipbook-in-4-easy-steps/

Isbandono, H. (2015). Canting: Seni Dan Teknologi Dalam Proses Batik. Seni Kriya, 230–239.

Khomaria, I., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle Pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4 (5), 2492-2503.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Muhammad Alwan, Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh,‖ (Jurnal AtTadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang I, No. 2, 2018), hal. 29.

Nurlaela, E., & Sumantri, M. (2021). Development of Mind Mapping-Based E-Book in Steam for Skills Skills of Grade VI Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 390–399.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96.

Rahayu, Wening Patmi, Ika Zutiasari, and Siti Munadhiroh. 2021. “Learning Media of Canva Based on Flipbook in the Subjects of Creative Products and Entrepreneurship to Improve Students’ Digital Technopreneurship Competence. ”Proceedings of the Sixth Padang

Raihan, S., & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program. 7(1), 7– 14.

Republik Indonesia.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Cet. 1; Jakarta: BP Panca Usaha, 2003.

Ruddamayanti, 2019, Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca, 1198.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualititaif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

UNESCO. (2009a). Batik Indonesia. Retrieved September 7, 2021, from https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian- batik-00170.

Wihyanti, Retno. 2022. “Pelatihan Pembuatan Poster, e-Book, Dan Video Melalui PlatformCanva for Education Bagi Guru Sekolah Dasar.”Seminar Nasional Hasil Penelitian DanPengabdian Kepada Masyarakat UST Jogja305–21.

Yusnimar, E-Book Dan Pengguna Perpustakaan Perhuruan Tinggi Di Jakarta,‖ (Jurnal Al- Maktabah 13, No. 1, 2014), hal. 34-39.

Downloads

Published

2025-07-23
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 5