GENIALLY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ALAM BENDA DI SMP LABSCHOOL UNESA 2 SURABAYA
Keywords:
Media Ajar, Genially, Menggambar Alam Benda, SMPAbstract
Menggambar alam benda merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata pelajaran seni rupa di SMP. Namun, pada kenyataannya 23 siswa dari total 26 siswa memperoleh nilai di bawah KKM pada praktik menggambar alam benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar interaktif dengan memnfaatkan platform Genially. Rumusan masalah yang didapatkan adalah 1) Bagaimanakonsep pengembangan Genially 2) Bagaimana proses dan hasil dari pengembangan media Genially 3) Bagaimana hasil dari penggunaan media Genially. Menggunakan metode penelitian R&D. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji validitas materi dan media, evaluasi praktisi dan analisis hasil pretest dan post test siswa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-A. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, 1) pengembangan media Genially menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation), 2) tampilan media ajar Genially berupa presentasi dengan total 22 halaman interaktif, serta memperoleh skor validasi materi 81,7% (Layak), 78,7% (Layak) dari ahli media dan 100% (Sangat Layak) dari praktisi, 3) nilai rata-rata siswa mengalami perubahan, rata-rata nilai pre test 67,42% dan post test 86,5%. Hasil uji-t sebesar 0,001<0,05. Hasil angket siswa mendapatkan respon sebanyak 79,2% siswa terbantu dengan media Genially dan penggunaan media Genially memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Abdullah, A. A., Yunus, P. P., & Lugis, M. M. (2022). DEVELOPMENT OF TUTORIAL VIDEO-BASED ON LEARNING MEDIA IN DRAWING NATURAL OBJECTS FOR VII GRADE STUDENTS OF SMPN 1 Keywords : media , learning , tutorials video , ADDIE model , drawing natural objects T eknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. 1.
Dewi Astuti, A., Rahmawati, E., Evitasari, A. D., Utaminingtyas, S., & Musyadad, F. (2022). Pendampingan Motivasi Belajar Melalui Media Genial Pasca Pandemi Covid Pada Siswa Smk Muhammadiyah 2 Wates. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 894–901. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3416
Gronlund,N.E & Linn Robert,L, (1985), Measurement and Evaluation in teaching, New York : Macmillan Publishing co.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Citra Aditya.
Jatmika, S. H. W. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya Materi Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda Melalui Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Panggul Trengalek. Jurnal Simki Pedagogia, 5(1), 105–113. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i1.120
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Seni budaya: SMP/MTs kelas VII (Edisi Revisi). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. https://buku.kemdikbud.go.id
Miarso, Y. H. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pnedidikan. Jakarta: Prenoda Media.
Pembelajaran, P., Alam, M., Mata, P., Seni, P., Di, B., Viii, K., & Smp, A. D. I. (2018). Pelaksanaan pembelajaran menggambar alam benda pada mata pelajaran seni budaya kelas viii a di smp negeri 17 makassar the implementation of learning to draw objects on culturals arts subjects in class 8 a in makassar publick high school 17. 1–10.
Rafida, A., Ahmad, A. A., & Muhdy, A. A. (2022). Penggunaan Model 4D dalam Pembuatan Video Tutorial Menggambar Alam Benda di SMP Negeri 1 Tonra. Jurnal Imajinasi, 6(1), 57. https://doi.org/10.26858/i.v6i1.30307
Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Rinjani, S. (2024). Implementasi Media
Genially dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa PBSI UIN Jakarta. 3(1), 57–64.
Rupa, P. S., Bahasa, F., Surabaya, U. N., Djatiprambudi, D. D., & Sn, M. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK DI SMA NEGERI 3 TUBAN Abstrak Abstrack. 117–127.
Shalahuddin, M. (1986). Media Pendidikan Agama. Bina Islam.
Usman, B., & Asnawir. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 54
,
PDF Downloads: 88