PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN SCRAPBOOK DIGITAL BERTEMAKAN HARI KARTINI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS MELALUI TIKTOK DI SMP NEGERI 21 SURABAYA

Authors

  • Amanda Tasya Feodora Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Anggun Camelia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

video tutorial, scrapbook digital, desain grafis, media pembelajaran, Hari Kartini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membuat karya desain grafis yang kreatif dan terstruktur, khusunya dalam pembuatan scrapbook digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video tutorial pembuatan scrapbook digital bertemakan Hari Kartini sebagai media pembelajaran desain grafis melalui Tiktok di SMP Negeri 21 Surabaya, serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas karya scrapbook digital siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas 8G yang dibagi menjadi 4 kelompok. Konsep pengembangan video tutorial ini disusun secara sistematis, dengan narasi, subtitle, musik, dan visual penunjang agar mudah dipahami. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil validasi pertama oleh ahli media dan materi menunjukkan bahwa video layak digunakan dengan sedikit revisi. Setelah revisi dan validasi tahap 2 memperoleh skor 91,7 % oleh ahli materi dan 94,43% oleh ahli media. Dilakukan dua kali uji coba, pre-test dan post-test dan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada pre-test memperoleh skor sebesar 68,5 sedangkan post-test sebesar 93,5. Dapat disimpulkan bahwa video tutorial ini efektif dalam meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan keterampilan digital siswa dalam membuat scrapbook digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, E., & Af’idah, N. (2022). Pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran IPA kelas VII SMP Al-Amin Pamijahan Bogor Materi Tata Surya. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 54-59.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dwiyanti, A. R., & Zaini, I. (2023). Pengembangan media pembelajaran gambar bentuk melalui aplikasi TIKTOK SMPN 3 candi Sidoarjo. Jurnal Seni Rupa, 11(1). 163-171

Husna, A. A., & Kristanto, A. (2023). Pengembangan video tutorial pada mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas x di SMKN 1 Jombang. Jurnal mahasiswa teknologi Pendidikan, 13(2).

Jafnihirda, L., Diani & Sefriani, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran desain grfais berbasis 3d pagefelip professional: Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Muhammadiah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 45- 54

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak penggunaan aplikasi online TikTok (Douyin) terhadap minat belajar di kalangan mahasiswa sosiologi fakultas ilmu sosial dan politik. Jurnal Ilmiah Society 1(1).

Putri, A. S, Iriaji, Wisesa, A. M. (2023). Pengembangan media interaktif berbasis aplikasi mobile pembelajaran seni grafis pada kelas IX sekolah menengah pertama. Jurnal of Inovation and Teacher Professionalism, 1(1). 26-40.

Saimona, Y., Feniareny, Hermansah, B., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran digital scrapbook berbasis cerita dongeng untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2).

Downloads

Published

2025-07-25
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 5