PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDIO TUTORIAL PEMODELAN CLAY 3D MELALUI TIKTOK

Authors

  • Nabilah Ramadhani UNESA
  • Nur Wakhid Hidayatno Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

video tutorial, 3D clay, Tiktok, educational media, visual arts

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial Tiktok di kalangan peserta didik generasi Z dan Alpha, yang membuka peluang pemanfaatan platform ini sebagai media pembelajaran alternatif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial teknik pemodelan clay 3D yang dipublikasikan melalui Tiktok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Desain penelitian meliputi tahap pra produksi (pembuatan storyboard), produksi (pengambilan gambar teknik slab, pinch, coil, dan dekorasi), serta pascaproduksi (pengeditan dan unggahan ke Tiktok). Penelitian dilakukan di Kota Surabaya dengan subjek berupa media video dan responden pengguna Tiktok. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi digital, dan analisis komentar pengguna. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, serta dokumentasi tayangan Tiktok. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial ini memiliki keterjangkauan dan respons positif dari pengguna. Video mendapatkan jumlah tayangan dan komentar yang menunjukkan daya tarik visual dan potensi edukatif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis Tiktok dapat menjadi alternatif efektif dalam menyampaikan materi seni kriya secara ringkas dan menarik. Disarankan agar pengembangan konten selanjutnya mempertimbangkan aspek interaktivitas dan evaluasi pemahaman peserta didik secara lebih terukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Athallah, N. L. N., & Tobing, D. C. L. (2023). Penerapan Media Video Pembelajaran pada Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di SD Negeri 003 Lubuk Sakat. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(4), 507–515. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i4.2563

Aulia, W., & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 220– 234.

Awang, R. E. A. (2016). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semarang.

Hidayat, T. (2022). Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan ..., 1(1), 4. https://core.ac.uk/download/pdf/267023793. pdf

Maharani, R. K. (2024). Pemanfaatan Penggunaan Media Tik Tok Pada Materi Teks Deskripsi Fase D Kelas VII SMPN 2 Sayung.

Downloads

Published

2025-07-27
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 33