BERKARYA KALIGRAFI DENGAN TEKNIK PAPER COLLAGE DI KARANG TARUNA CAKRABUANA BRAWIJAYA JOMBANG

Authors

  • Mochammad Yanuar Rivaldi Universitas Negeri Surabaya
  • Fera Ratyaningrum Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kaligrafi, Paper Collage, Karang Taruna

Abstract

Berkarya seni di organisasi Karang Taruna dapat mengeksplorasi kegiatan pada organisasi Karang Taruna. Kegiatan di Karang Taruna umumnya kurang mengeksplorasi kegiatan berkesenian. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan perisapan, proses serta tanggapan anggota Karang Taruna terhadapat kegiatan berkarya kaligrafi dengan teknik paper collage, Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan  dokumentasi serta analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan validitas data. Penelitian ini berlangsung 4 kali pertemuan dengan 15 peserta yang terbagi menjadi 5 kelompok dari anggota Karang Taruna di Kantor Balai Desa Peterongan. Pertemuan pertama berfokus penyampaian materi dan pembuatan sketsa, pertemuan kedua tahap pemindahan sketsa dan pemotongan, pertemuan ketiga tahap penyusunan dan pertemuan keempat tahap pewarnaan hingga finishing karya. Hasil karya oleh setiap kelompok dari anggota Karang Taruna memperoleh nilai rata – rata 93 yang dikategorikan sangat baik dan memperoleh respon atau tanggapan dari anggota Karang Taruna yang memperoleh pengalaman kreatif dalam berkegiatan. Hal ini menunjukan bahwa pada penelitian ini berhasil dalam memberikan ilmu tentang berkegiatan seni membuat karya seni kaligrafi dengan teknik berkarya yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagus Sanjaya, M. (2023). Sejarah Ilmu Kaligrafi Dalam Islam dan Perkembangannya. Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran, Dan Tasawuf, 1(1). https://doi.org/10.59548/js.v1i1.57

Budiani, N. W. (2017). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial (INPUT), 2(1), 49–57.

Busriyah, E. A., Rufi’ah, A., Saniti, S., & Prasetiya, B. (2023). Upaya Peningktan Motorik Halus Anak Melalui Media Kolase Kertas Origami Anak Di Ra Islamiyah. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.588

Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501

Hadiyati. (2019). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS (KOLASE) ANAK TK KELOMPOK B MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KULIT TELUR. Jurnal Literasiologi, 1(2), 1–23. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2. 31

Harahap, D. N. (2020). Penelitian Kualitatif (D. H. Sazali (ed.); 1st ed.). Wal ashri Publishing.

Khaldun, R. (2016). Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna dan Menumbuhkan Minat Bisnis Kreatif di Desa Madia Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. 168– 185. https://doi.org/10.20414/TRANSFORMA SI.V12I2.2398

Mudasir. (2024). Wawancara dan Observasi. In Pembangunan DAM (Issue July).

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=axKCCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=buku+skema+warna&ots=goD_zRnkKE&sig=QomsdrfaNYlmLGzZeAMw5RPWis&redir_esc=y#v=onepage&q&f =false

Rachmawati, D. A., Sumanto, S., & Cholifah, P. S. (2020). Studi Kemampuan Berkarya Seni Rupa Teknik Tempel pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 102–118. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020 p102

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i3 3.2374

Rizky D, A. K. (2020). Jenis Kesimpulan dan Saran Metode A. Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A, 3(5), 1–15.

Sandewi, C. J. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 3, 52–74.

Sitepu, V. (2016). Vinsensius Sitepu. 19(5), 1– 23.

Sobur, A. (2007). Jurnal Mediator. Karya Seni Sebagai Media, 8, 10.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Suparta, I. M. (2020). Prinsip Seni Rupa. Theinsidemag, 1(1), 1–10.

Wirania Swasty. (2010). A-Z Warna Interior Rumah. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=YVPyVfmIh4EC&oi=fnd&pg=PA 3&dq=buku+teori+warna&ots=T4d7lB1xGW&sig=zBptldGmrLGJhvlaRwACIk0s Glc&redir_esc=y#v=onepage&q=bukuteori warna&f=false

Yasmen, E. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kritik Seni Peserta Didik Kelas X MIPA 4 Pada Karya Seni Rupa Dua Dimensi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Pendahuluan. 7(2), 203–218.

Yusuf, M. (2018). 225 SENI SEBAGAI MEDIA DAKWAH Muhammad Yusuf INSTITUT AGAMA ISLAM MA’ARIF (IAIM) NU METRO

Downloads

Published

2025-07-27
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 40