PENGEMBANGAN BUKU TUTORIAL WIRE JEWERLY MOTIF MEANDER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI KERAJINAN
Keywords:
Buku Tutorial, Wire Jewelry, Motif Meander, Seni Kriya, Media PembelajaranAbstract
Ketersediaan bahan ajar yang spesifik, sistematis, dan aplikatif dalam pembelajaran seni kriya masih terbatas, terutama dalam praktik kerajinan berbasis kawat (wire jewelry). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku tutorial Wire Jewelry motif meander sebagai media pembelajaran seni kriya untuk siswa pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Sugiyono, yang dibatasi hingga tahap kelima: revisi desain. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi pustaka, dan angket validasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi isi/materi dan media. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata skor dan persentase kelayakan produk. Produk yang dikembangkan berupa buku tutorial berisi materi pengantar, alat dan bahan, serta langkah langkah pembuatan wire jewelry produk cincin, anting, gelang, dan kalung dengan desain motif meander. Hasil validasi tahap pertama menunjukkan kelayakan isi 30,7% (kurang layak) dan media 52% (cukup layak), sehingga dilakukan revisi. Setelah perbaikan, hasil validasi tahap kedua meningkat menjadi 89,2% (sangat layak) untuk isi dan 62,6% (layak) untuk media. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku tutorial layak digunakan sebagai media pembelajaran seni kriya (wire jewelry) bagi siswa pemula karena menyajikan panduan teknis yang sistematis, visual yang komunikatif, serta mengintegrasikan nilai estetika melalui motif meander. Buku ini juga mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dan kreativitas siswa.
Downloads
References
Abdullah, Prof. M. (2015). PENELITIAN KUANTITATIF. In Aswaja Pressindo.
Ahmad, A., & Lestari, I. (2010). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ahmed, J., Constantine, J. A., & Dunne, T. (2019). The role of sediment supply in the adjustment of channel sinuosity across the Amazon Basin. Geology, 47(9), 807–810. https://doi.org/10.1130/G46319.1
Allied Market Research. (2024). Handmade Jewelry Market share , Size , Trends , Growth 2032.
Aris Setyorini, A., & Irma Russanti, dan. (2020). RESPON KONSUMEN TERHADAP WIRE JEWELRY PADA BROS DENGAN BAHAN KAWAT ALUMINIUM. E-Journa UNESA, 9(3). https://forms.gle/FLcptbj
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Basril, A., Suparno, S., & Widodo, W. (2022).
Pengembangan Modul Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Kewirausahaan, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.17977/um042v10i1p12
Daryanto. (2013). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Eddy, carson, Evans, R., & Feld, K. (2015).
Beaded Jewelry Wirework Techniques Skills, Tools, and Materials for Making Handcrafted Jewelry. Storey Publishing.
Elnesr, M. (2024). Beyond Simple: Exploring Intricate Jewelry Techniques. In Undergraduate Review (Vol. 18).
Fauziah, D. N., & Agustin, S. A. (2019). Perancangan Buku Tutorial Sulam Kristik untuk Fesyen Wanita Bertema Bunga Indonesia. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 2(2).
Gunawan, I., & Hasanah, H. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. At-Taqaddum, 8(1), 29.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Hidayatul Qur’an Kuningan.
Khikmiyah, F., & Midjan, W. (2016). Buku Teks dalam Perspektif Pendidikan. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 251–264. https://doi.org/10.19109/tadrib.v2i2.1055.
Krismo. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 6(2), 45–55.
Kusuma, N. L. (2020). DESAIN PERHIASAN EKSPRESIF YANG DAP AT DIKUSTOMISASI UNTUK GENERASI Z. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Maftuh, A. M. F. (2020). Pengembangan buku tutorial pembuatan aksesoris peragaan fesyen berbahan logam (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Seni Rupa).
Nickelson, & Jim. (2017). Fine Art Inkjet Printing: The Craft and Art of the Fine Digital Print (1st ed.). rocky nook inc.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1).
Pinem, R. J., Farida, N., Budiatmo, A., Sulistyorini, S., & Widayanto, W. (2021). Pelatihan Kerajinan Tangan untuk Meningkatkan Kreativitas Pelaku Usaha sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 143. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.490
Ray, Susan. (2008). Wire jewelry workshop : techniques for working with wire and beads. Krause Publications.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Silaban, K. B., Gede, I., Putra, J., Komang, I., & Putra, A. M. (2020). PERANCANGAN BUKU SENI KERAJINAN TANGAN DO IT YOURSELF: CRAFT IN A DAY. Jurnal Selaras Rupa, 1(2), e-ISSN. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasr upa
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: Alfabeta.
Widya Kartika, K. (2024). Perancangan Batik Kontemporer dengan Sumber Ide Tokoh Ramayana. In Jurnal Seni Kriya (Vol. 13, Issue 2). https://orcid.org/no
Zhou, N., & Mayusoh, C. (2024). The Innovative Exploration of Ouroboros Symbol and Digital Craft in Contemporary Jewelry Design. In Journal of Roi Kaensarn Academi (Vol. 9).
Downloads
Published
Issue
Section

