PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMAN 1 PLEMAHAN KEDIRI

Authors

  • Dhio Thomas Nugroho Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Komik, Pembelajaran Seni Rupa, Seni Rupa Dua Dimensi, Pengembangan Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik dua dimensi dalam pembelajaran seni rupa pada siswa kelas X di SMAN 1 Plemahan Kediri. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan Borg & Gall digunakan dalam studi ini, melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan produk, dan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pengembangan didasarkan pada kebutuhan siswa akan media visual interaktif. Proses pengembangannya sistematis, menghasilkan media komik yang layak digunakan berdasarkan validasi ahli media (75% valid) dan ahli bahasa (70% valid). Selain itu, media komik terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pre-test 68 menjadi 84 setelah penggunaan media. Tanggapan positif juga diperoleh dari guru (92%) dan siswa (93,75%), menunjukkan media ini sangat dibutuhkan dan efektif untuk pembelajaran seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adek Saputri. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Tambusai. JURNAL PENELITIAN.

Arikunto, Suharsimi . 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhan Bugin. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : PT Rajagrafindo Perseda.

Fajri Ismail. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.

Gusdiansyah, Rully. 2009. Teknik Cerdik Ngomik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Lexy J. Meleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Listiyani, Indriana. 2012. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. SKRIPSI.

Mulyono Abdurhaman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, Wulandari. 2013. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. SKRIPSI.

Putri, Brenda Christina. 2014. Keefektifan Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. SKRIPSI.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Instuksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta. Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistika UntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zaldy dan Lilawati. 2016. Kota Urban Jakarta dalam Komik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-07-29
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 3