TINJAUAN DESAIN GRAFIS KAOS SABLON GRAFFITI DI GARDU HOUSE JAKARTA

  • N. FIKRIL ARIFI

Abstract

Gardu House merupakan salah satu artshop yang menyediakan merchandise berupa kaos bertema graffiti, sejak tahun 2010 hingga sekarang. Secara visual, tampilan desain grafis kaos-kaos tersebut sangat menarik untuk ditinjau. Dikarenakan dalam penciptaan karya desain grafis kaos bertema graffiti ini terdapat konsep-konsep yang ingin dikemukakan oleh desainer. Selain konsep, juga terdapat penerapan desain yaitu berupa fungsi desain yang terkandung di balik tampilan visual desain grafis kaos tersebut. Penelitian ini dilakukan di Jakarta, tepatnya di artshop Gardu House yang beralamatkan di Jalan RC. Veteran Gang. Hj. Ropiah, Tanah Kusir Jakarta Selatan dengan meninjau 10 desain grafis kaos yang didesain oleh Bujangan Urban, Koma (Indo), Muth dan Sidvizeus selaku desainer grafis kaos dan anggota di Gardu House Familia. Sehingga dalam penelitian ini terdapat 3 masalah penelitian, antara lain tentang bagaimana visualisasi, konsep, dan penerapan desain pada kaos sablon graffiti di Gardu House Jakarta Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriprif kualitatif dengan teknik wawancara terhadap Bujangan Urban, Koma (Indo), Muth, dan Sidvizeus selaku narasumber. Dari hasil tinjauan yang dilakukan menyatakan warna putih menjadi sangat dominan karena semua desain ini menggunakan warna tersebut. Garis yang digunakan pada desain-desain tersebut adalah garis horizontal, vertikal, diagonal, zig zag, dan lain-lain. Sedangkan untuk tipografi, rata-rata tipografi pada desain-desain tersebut tidak menggunakan jenis font yang terdapat dalam sistem operasional komputer, melainkan tipografi dekoratif yang dibuat secara manual oleh desainer. Rata-rata desain tersebut terletak di bagian depan kaos. Konsep desain tentang simbol-simbol graffiti dan jalanan sangat sering dipakai sebagai tema pada desain-desain kaos tersebut. Terdapat 7 desain yang menggunakan tema tentang graffiti dan jalanan. Dan dari 10 desain tersebut fungsi identitas lebih banyak digunakan dalam penerapannya. Rata-rata identitas yang dimaksud adalah identitas merk atau karakter yang dibuat oleh desainer. Terbukti 6 dari 10 desain tersebut menerapkan fungsi identitas, sedangkan sisanya menerapkan fungsi edukasi dan fungsi persuasi.

Kata Kunci: desain grafis, kaos, graffiti, Gardu House.

Gardu House is one of the art shops that provide merchandise such as t-shirts themed graffiti, since 2010 until now . Visually , the display graphic design t-shirts are very attractive for review . Due to the creation of graphic design work , there are graffiti -themed shirt concepts put forward by the designers wanted . In addition to the concept , there is also a design application that is a function of design contained behind the visual appearance of the T-shirt graphic design . The research was conducted in Jakarta, precisely in artshop Gardu House are addressed in the RC . Veteran Gang . Hj . Ropiah , South Jakarta coachman with a review of 10 graphic design t-shirts designed byBujangan  Urban , Koma ( Indo ) , Muth and Sidvizeus as shirts and graphic designer in Gardu House Familia members . Thus, in this study there are three research issues, among others, about how visualization, concept, design and application of screen printing on shirts graffiti Gardu House in Jakarta This research uses qualitative research interview techniques deskriprif the Bujangan Urban, Koma ( Indo ) , Muth , and Sidvizeus as speakers . From the results of the review undertaken states become very dominant white color because all of these designs using the colors . Lines used in these designs are horizontal, vertical , diagonal , zig zag , and others . As for the typography , the typography average of these designs do not use a font type that is contained in the computer operating system , but a decorative typeface made ​​manually by the designer . The average design located at the front of the shirt . The design concept of the symbols graffiti and the streets are very often used as a theme on the shirt designs . There are 7 designs that use the theme of graffiti and street . 10 The design and function of identity is more widely used in practice . Average identity in question is the identity of the brand or the characters created by the designer . Proven 6 of 10 design applies the identity function, while the remaining functions implement educational functions and persuasion.

Keywords: graphic design, t-shirts, graffiti, Gardu House

Published
2014-11-03
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 370