PERANCANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MATERI PEMBELAJARAN PENCAMPURAN WARNA DI KELAS X SMA NEGERI KABUH
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru karena guru hanya menggunakan metode yang sama dalam setiap kegiatan belajar mengajar dan selalu menggunakan cara mengajar yang monoton sehingga membuat siswa jenuh, hilangnya komunikasi antar siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan semua kegiatan terpusat pada guru . Untuk mengatasi permasalahan tersebut media yang tepat dan sesuai dengan permasalahan siswa yaitu media video untuk mempermudah siswa dalam memahami materi, sehingga tercipta proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan proses perancangan media video dalam materi pembelajaran pencampuran warna, mendiskripsikan proses penggunaan media video dalam materi pembelajaran pencampuran warna di kelas X SMA Negeri Kabuh Kabupaten Jombang dan hasl belajar dengan menggunakan media video.
Penelitian ini menggunkan rancangan penelitian deskriptif , penelitian merancang sebuah media video pembelajaran dan dilakukan validasi media setelah itu media digunakan dalam pembelajaran pencampuran warna di sekolah khususnya di kelas X SMA dikelas X SMA Negeri Kabuh Kabupaten Jombang.
Perancangan media video dapat dilakukan setelah melalui beberapa proses diantaranya sebagai berikut, analisis kebutuhan siswa, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, naska produksi media dan hasil validasi ahli untuk perbaikan media.
Berdasarkan hasil validasi, penilaian validator untuk lemabar komponen materi menunjukan kriteria sangat memahami dengan nilai 88 % dan aspek penyajian media menunjukan kriteria cukup memahami dengan nilai 60 % hasil pengamatan aktivitas Guru menunjukan total nilai rata-rata 88,88 % dan pengamatan aktivitas siswa menunjukan nilai rata-rata 91,11 % . hasil belajar siswa menunjukan nilai rata-rata 91 %
Kata kunci : perancangan, stop motion , pencampuran warna
The background of this study started from less active of students in participating the lesson which is given by teacher, because the teacher only used the same method in each learning activity. The teacher always used monotonous way of teaching thus making students saturated, loss of communication between students and teacher, students and students, and all activities centered on teacher. To overcome those problems, the proper and suitable media with the students’ problem is video media for ease the students in understanding the materials. So, it created a creative and innovative learning.
The purpose of this study were to describe the design of a video media in mixing colours learning material and describe the proces of the use of the video media in mixing colours learning material of the tenth grade at sma negeri kabuh Jombang.The research design of this study used descriptively. The researcher devised a video learning media and validated it. Then, the media was used in mixing colours learning at the school especially at tenth grade of SMA Negeri Kabuh Jombang.
The designing of video media can be done after going through several processes. First, analysis of the students’ needs, learning objectives, learning material, production of media texts and expert’s validation results for the media improvement.
According to the assessment validation results of validator, material assessment component of very understanding with the value of 88% and aspects of the media presentation quite understand with the value of 60%. Activity of teacher’s observation showed the total average 88.88% and activity of students’ observations showed an average 91.11%. The result of students’ learning showed an average 91%.
Keywords: Designing, stop motion, mixing colours.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

