PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 4 BOJONEGORO

  • MIRA JUWITA NOVITASARI

Abstract

 

                Dalam suatu proses pembelajaran terdapat interaksi yang saling berkaitan yaitu interaksi antara guru dengan siswa. Interaksi tersebut memiliki peran penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilan penyampaian materi tergantung dari pemilihan strategi dan model pembelajaran yang dipilih guru. Apabilah guru kurang kreatif dalam memilih strategi pembelajaran akan menyebabkan penurunan hasil belajar siswa. Hal ini yang dialami oleh siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Bojongoro. Dari pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang dipilih guru yang kurang tepat. Model pembelajaran yang dibutuhkan adalah strategi pembelajaran yang tepat dan membantu siswa dalam menerima materi pembelajaran. Quantum learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII-C SMP Negeri4 Bojonegoro,mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri4 Bojonegoro setelah menerapakan model pembelajaran quantum learning dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Bojonegoro. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa, metode tes yang diberikan adalah tes kognitif dan ekspresi.

Dari hasil observasi dan tes dianalisis menggunakan rumus t-test didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning terdapat 3 kegiatan yaitu kegiatan awal,inti dan akhir, dengan rata-rata aktivitas guru 96% dan aktivitas siswa 81,8% termasuk kriteria baik sekali. Data hasil belajar pre-test dan post-test didapatkan siswa yang tuntas mengggunakan model pembelajaran klasikal 15,6% dan siswa yang tuntas menggunakan metode quantum learning sebanyak 93,7% jadi terdapat kenaikan hasil belajar sebesar 78,1% dengan kriteria baik. Perbedaan signifikan juga ditunjukan dari perhitungan t-test dimana t hitung= 12,8 dan ttabel =2,04 dengan taraf signifikansi 0,05 dan db= 31.

Kata kunci: model pembelajaran, quantum learning, gambar bentuk

                In a learning process, there are two inter-related interaction is the interaction between teachers and students. Such interactions have an important role in the success of the learning process. The success of the delivery of the material depends on the electoral strategies and teacher learning model chosen, less creative teachers in choosing instructional strategies will lead to a decrease in student learning outcomes, it is experienced by students of class VII-C 4 Bojongoro SMP. from the selection of instructional strategies and methods selected teachers.Learning model that is required is the right learning strategy will help students easily receive learning materials. Quantum Learning is one of the learning strategies that can be applied.The purpose of this study is to describe how the application of quantum learning learning model to improve learning outcomes of students drawing shapes junior class VII-C Negeri4 Bojonegoro, describe the learning outcomes of students of class VII-C SMP Negeri4 Bojonegoro after applying quantum learning model learning and determine the effect of the application of the model learning quantum learning toward improving student learning outcomes of class VII-C 4 Bojonegoro SMP.The method used is the observation and tests. Observations covering the activities of teachers and students, the test method is given cognitive tests and expression.

From the observations and test results were analyzed using t-test formula showed that the application of quantum learning learning model there are three activities, namely an initial, core and end, with an average activity of 96% of teachers and 81.8% of students activities including the criteria very well. Learning outcomes data pre-test and post-test obtained complete student use traditional classical learning model and 15.6% of students who completed using quantum methods of learning as much as 93.7% so there is an increase of 78.1% study results with both criteria. Significant differences are also shown from the calculation of the t-test where t = 12.8 and t table = 2.04 with a significance level of 0.05 and db = 31.

Keywords: learning model, quantum learning, drawing shapes 

Published
2014-11-06
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 179