PENERAPAN MEDIA DALAM BENTUK POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN UNSUR-UNSUR RUPA UNTUK SISWA KELAS 2 SDNU KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK

  • M FATCHUL MUBAROK F

Abstract

Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Kanjeng Sepuh, pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya kelas 2, guru hanya menggunakan media contoh-contoh gambar dalam menjelaskan suatu materi yang diajarkan. Jika hal ini diterapkan secara terus menerus dan tidak ada variasi media lain maka siswa akan merasa jenuh dan sulit untuk mengembangkan pengetahuan dan daya kreativitasnya. Maka penerapan media dalam bentuk pop up book dalam kegiatan belajar mengajar akan lebih membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar karena media pop up book ini merupakan media yang unik dan menarik yang cocok bagi siswa untuk memunculkan kreativitas serta menambah wawasan tentang ilmu mengolah kertas. Sehubungan dengan itu maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan respon siswa kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik dalam pembelajaran unsur-unsur rupa dengan menggunakan media dalam bentuk pop up book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data  antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data utama (siswa) dan sumber data tambahan (guru). Penerapan media pop up book pada pembelajaran unsur-unsur seni rupa untuk siswa kelas 2 Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Kanjeng Sepuh ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Disetiap pertemuan, guru menjelaskan materi unsur-unsur rupa dengan menggunakan media pop up sambil mengamati respon para siswa. Guru juga menguji kemampuan siswa dalam pemahaman materi yang telah dijelaskan dengan menggunakan media pop up. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop up book dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan anak didik dalam memahami materi, disamping itu penerapan media pop up book juga mampu untuk meningkatkan keantusiasan siswa dalam proses belajar dan kreativitas siswa dalam berkarya.

Kata kunci : media pembelajaran, pop up

 In Elementary School Kanjeng Sepuh of Nahdlatul Ulama, the art and culture subjects especially for 2nd grade, the teachers only use pictures as a media to present the subjects itself. If this is not applied continuously and no variations of media, the students will feel tired and hard to develop their knowledge and creativity. According to that fact, media which is presented in the form of pop-up book in teaching and learning activities will make easier the teachers to deliver the materials, so the students will be more motivated to learn. Because that media is unique and exciting for them. Their creativity and knowledge will appear. Therefore, the statement of the problem in this research about how the implementation and the responses of the 2nd Grade of Elementary School Kanjeng Sepuh of Nahdlatul Ulama Sidayu Gresik in learning such elements using the media in the form of a pop-up book. The method used in this research is descriptive qualitative. Techniques used for collecting the data are observation, interview, and documentation. Source of data used consists of primary data sources (student) and additional data sources (teacher). The implementation using media in the form of pop up on the material of the elements of art in the 2nd Grade of Elementary School Kanjeng Sepuh of Nahdlatul Ulama Sidayu Gresik was conducted in two sessions. In every session, the teacher explains the material elements of art with the media of pop up and also observes the student’s responses. Teacher also put the test for knowing the ability of the student’s comprehension on material of the elements of art that has been described by using a pop up media. The result of this research can be concluded that the application of media pop-up book is the easiest way for the teacher in presenting the material, so the students understand the material well.  The application of poop-up book  is able to improve the enthusiastic of the students in the learning process and improve their creativity to make some creation.

Keywords: learning media, pop-up

Published
2014-11-08
Abstract Views: 1696
PDF Downloads: 4045