PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF   TEKA-TEKI SILANG (TTS) DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIANGET

  • MOHAMMAD ANDI WASGITO

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses saling mempengaruhi antara guru dan siswa. Dalam hal ini, kegiatan yang terjadi adalah guru mengajar dan siswa belajar. Dalam proses pembelajaran seorang siswa harus mengalami perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik. Latar belakang penelitian ini yaitu membantu guru seni budaya SMPN 2 Kalianget dalam mengembangkan media pembelajaran yang nantinya bisa diterapkan oleh siswa dalam belajar. Proses pembelajaran seni budaya saat ini yang dilakukan oleh guru, hanyalah dengan menerangkan saja, atau hanya menggunakan metode ceramah saat mengajar, hal ini jelas akan menimbulkan rasa jenuh terhadap siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah pengembangan media permainan teka-teki silang, serta mendeskripsikan pengaruh keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media permainan Teka-teki silang dalam pembelajaran seni budaya. Media merupakan hal yang sangat penting didalam pembelajaran, karena media adalah alat yang bisa menyampaikan informasi kepada siswa dengan cara lebih menarik. Media permainan teka-teki silang dipilih karena media ini mudah dibuat oleh guru nantinya, bisa digunakan oleh siswa media permainan teka-teki silang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, karena dalam pemebelajaran ada suatu permainan yang akan membuat siswa lebih aktif belajar dan berinteraksi dengan temannya dalam memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dimana peneliti mencoba menghasilkan produk teka-teki silang dan menguji keefektifan produk tersebut.

Kata Kunci: pembelajaran, media, permainan teka-teki silang

 Learning is a process of mutual influence between teacher and student. In this case, the activity that takes place is teacher teaches while the students learn. In the learning process a student must undergo behavioral changes to be better.The background of this research is to help teachers of art and culture of SMP 2 Kalianget in developing learning media that can be applied by the student in learning. The process of art and culture learning today is done by the teacher, just to explain it, or just use the lecture method in the teaching and learning process, this will obviously lead to a sense of saturation to the students during the teaching and learning process.The purpose of this study is to describe the development steps of crossword puzzles media game, as well as describing the influence of crossword puzzles media game in learning art and culture. The media is very important in the teaching and learning process, because the media is a tool that can communicate information to students in more interesting way.Crossword puzzle media games choosed because it  is easily created by teachers, can be used by student. Crossword puzzle games can lead the spirit of students improve in learning, because in learning there is a game that will make the students more active in learning and interacting with his friends in solving the problem.  The metoud used in this study is a method of research and devolepment (R & D) in which resercher try to produce a crossword puzzle and test  the effectiveness of these products.

Keywords: learning, media, crossword puzzle game

Published
2014-11-08
Abstract Views: 548
PDF Downloads: 1010