PENGARUH MENGGAMBAR RAGAM HIAS TERHADAP KUALITAS PEMBUATAN DEKORASI KERAMIK TEKNIK TEMPEL OLEH SISWA KELAS VII-1 DI UPTD SMP NEGERI 1 PRAMBON

  • SINDY DORISKA

Abstract

Pembelajaran estetika disekolah memberikan suatu kepekaan estesis untuk siswa. Pada pembelajaran keramik di SMP pada umumnya diberikan secara mendasar. Untuk menumbuhkan suatu kepekaan estetis, maka perlu diberikan suatu pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa kepekaan tersebut, seperti pembelajaran Ragam Hias. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah 1)  apakah prestasi belajar menggambar ragam hias berpengaruh terhadap prestasi pembuatan dekorasi  teknik tempel oleh siswa?, 2) Seberapa besar pengaruh prestasi menggambar Ragam Hias terhadap prestasi pembuatan dekorasi Keramik Teknik Tempel?. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut : 1) Mengetahui dan Menganalisis pengaruh prestasi menggambar Ragam Hias terhadap prestasi pembuatan dekorasi keramik, 2) Mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh prestasi menggambar Ragam Hias terhadap prestasi pembuatan dekorasi siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Prambon – Nganjuk, dengan sampel kelas VII-1 sebanyak 40 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitaf, dengan analisis Regresi sederhana. Dari data yang telah didapat yaitu daftar nilai karya keramik, selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan rumus regresi Ŷ=a +bx. Hasil yang didapatkan yaitu Ŷ = 1,043 + 1,008X. kemudian data diuji hipotesisnya dengan menggunakan rumus korelasi sederhana, dengan hasil sebagai berikut Harga r tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan n = 40 deperoleh r tabel = 0,312, dan untuk 1% diperoleh r tabel = 0,403. Karena harga r hitung lebih besar dari r tabel baik untuk keslahan 5% maupun 1% (0,85> 0,403 > 0.312), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,85 antara Menggambar ragam hias dan pembuatan dekorasi keramik teknik tempel. Hal ini berarti rata-rata nilai pembuatan dekorasi keramik setelah diberikan tugas menggambar ragam hias 72,55%. Ditentukan oleh nilai menggambar ragam hias yang diberikan melalui persamaan regresi Ŷ = 1,043 + 1,008X. sisanya 27,45% ditentukan oleh faktor lain.

Kata Kunci: ragam hias, dekorasi keramik, regresi.

  Aestethics learning in school gives an aesthetic sensitivism for students. Generally ceramics learned by secondary school student fundamentally. For gaining aesthetic sensitivism it is important to give a learning which can increase their aesthetism like “Ragam Hias” learning process. The formulation of the problem is : 1. Is student achievement influence student score in making decoration at ceramics? 2. How much does the student achievement influence student score ? . While the purpose of the study is : 1. To know the influence of the achievement in drawing Ragam Hias to the student score in ceramics. 2. To know How much does the student achievement influence student score.

This research placed in SMPN 1 Prambon with 40 students of VII-1 as the sample. In this research, the researcher use quantitative method with simple reregressive analysis. From the data collected, analyze with the formula Ŷ=a +bx. The result is Ŷ= 1,0431+1,008X . Then the hypothesa tested with simple correlation formula. And the result for t table 5% is 0,312 and for t table 1% is 0,403. Because of the score greater than t table (0,85>0,403>0,312) it conclude that there is a correlation between drawing Ragam Hias and decorating ceramics using stick technique. It means that the mean of making the decoration after given he task is 72,55 . With the regression Ŷ= 1,0431+1,008X . The rest is 27,45 determined by other factors.

Keywords: Ragam Hias, Decoration, Ceramics, Regression

Published
2014-11-08
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 59