PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN JAMU DAYANG SUMBI

  • EKA APRILIA FITRIANA

Abstract

Pengembangan desain kemasan ini bertujuan untuk menghasilkan konsep desain kemasan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan produk Jamu Dayang Sumbi. Perancangan yang terbentuk nantinya berupa desain kemasan Jamu Dayang Sumbi dengan material karton lipat. Pengembangan ini menggunakan model perancangan prosedural atau model perancangan yang bersifat deskriptif. Perancang melakukan langkah-langkah yang ditempuh melalui proses 3D yaitu Difine, design, dan develope. Hal tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah, analisa dan sintesa serta pengumpulan data, gagasan desain, keputusan desain, tes pengujian, dan produksi. Berdasarkan data yang terkumpul, baik melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, diketahui bahwa produk Jamu Dayang Sumbi memerlukan media promosi melalui desain kemasan. Untuk mendukung perancangan desain kemasan ini, strategi yang digunakan adalah dengan menginformasikan keunggulan produk yang merupakan obat-obatan alami dari tanaman TOGA yang aman untuk kesehatan, didukung dengan warna dan ilustrasi untuk menarik perhatian masyarakat sasaran. Oleh karena itu agar produk Jamu Dayang Sumbi lebih dikenal oleh masyarakat, maka perlu adanya inovasi dan kreativitas melalui desain-desain kemasan yang baru. 

Kata kunci : desain kemasan, kemasan jamu Dayang Sumbi

 Development of packaging design aims to generate attractive packaging design concept and according to the needs of Dayang Sumbi Herbal products. The design will be formed packaging design Herbal Dayang Sumbi with folding carton material. The development of the model using procedural design or descriptive model of the design. The designer did the steps taken by the 3D process is difine, design, and develope. It involves identifying the problem, as well as the analysis and synthesis of data collection, design ideas, design decisions, test test, and production. Based on the data collected, either through observation, interviews and documentation, it is known that Dayang Sumbi Herbal products require media promotion through packaging design. To support the design of the packaging design, the strategy used was to inform product advantages which are natural medicines from plants TOGA safe for health, supported by color and illustrations to attract the attention of the target communities. Therefore, in order Herbal products Dayang Sumbi better known by the public, hence the need for innovation and creativity through designs new packaging. 

Keywords: packaging design, herbs Dayang Sumbi packaging

Published
2014-11-08
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 196