PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI BATIK  SISWA KELAS VIII-B DAN VIII-C SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN

  • WAHYU EKO HARIYANTO

Abstract

Pada kenyataannya penyampaian materi tidak selalu berjalan dengan baik. Guru sebaiknya menyajikan materi dengan menggunakan media untuk menumbuhkan daya tarik siswa terhadap materi yang akan diberikan. Untuk itu pemilihan media audio visual dinilai paling cocok untuk diterapkan pada SMP Negeri 1 Turi Lamongan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, data diambil dengan menggunakan lembar observasi, dan tes tertulis. Setelah itu data dianlisis dan dibandingkan antara kelas VIII-B yang proses pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan kelas VIII-C yang tanpa menggunakan media audio visual. Dari data tersebut akan diketahui seberapa efektif pembelajaran media audio visual yang diterapkan pada materi batik.

Kata Kunci: pembelajaran seni, batik, media pembelajaran, audio visual.

 In fact, the delivery of content does not always go well. Teachers should present materials using the media to raise the attractiveness of the material that students will be granted.For the audio-visual media selection is considered the most suitable to be applied to SMP Negeri 1 Turi Lamongan. This study includes a quantitative descriptive study, the data taken using the observation sheet, and a written test. After that the data dianlisis and compared between classes VIII-B that the learning process using audio-visual media to class VIII-C without the use of audio-visual media. From these data it will be known how effective learning audio-visual media is applied to the material of batik. 

Keywords: learning the art, batik, instructional media, audio-visual.

Published
2014-11-08
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 57