Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya

  • PANDU MARINDI

Abstract

ABSTRAK

Perilaku Konsumtif merupakan perilaku membeli yang tidak dapat ditahan dan didasari karena keinginan untuk kepuasan semata yang bersifat irrasional sehingga mengakibatkan keborosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kepuasan Konsumen dalam Belanja Online dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 180 orang yang diambil dengan random sampling. Sampel Mahasiswa Psikologi yang pernah belanja online lebih dari 2 kali. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti yaitu skala Kepuasan Konsumen dalam Belanja Online dan skala Perilaku Konsumtif. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan tingkat kesalahan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data ada hubungan yang signifikan antara kepuasan konsumen dalam belanja online dengan perilaku konsumtif dengan koefisien korelasi sebesar 0,789 dengan p = 0,000. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan konsumen dalam belanja online dengan perilaku konsumtif.

 

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Belanja Online, Perilaku Konsumtif 

 

ABSTRACT

Comsutive behavior  is buying behavior that can’t be hold and basically from  the iirational satisfaction desire resulting profligacy. This research aimed to find relation between online shop consumer satisfaction and comsumtive behavior  in college students of psychology state University of Surabaya. This research uses quantitative approach with correlational method. There are 180 college students who has been taken as a subject research with random method sampling. Collecting data method uses online shop consumer satisfaction scale and comsumtive behavior scale. Correlation  product moments uses for analysis the data. Basically from the analysis found significant result between online shop consumer behavior and consumptive behavior with cooficients correlation 0,789 and p=0,000.  So in conclusion, thare is significant relations between online shop consumer behavior and consumptive behavior.


 

Keywords: Consumer Satisfaction, Online Shop, Consumtive Behavior

Published
2015-02-05
Abstract Views: 801
PDF Downloads: 913