PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PERKALIAN SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA SUMOLAWANG MOJOKERTO

  • EVI MAVIDHOTUL ILMI

Abstract

Model Pembelajaran dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran, dan dapat dijadikan salah satu solusi permasalahan belajar yang terjadi disekolah. Model Pembelajaran Terpadu bisa dijadikan solusi karena , model pembelajaran ini menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu. Pembelajaran Terpadu sangat perlu diketahui dan dipahami para pendidik terutama para Guru SD. Karena Pembelajaran Terpadu berorientasi pada pembelajaran yang bermakna, dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran terpadu diharapkan anak-anak akan memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari dengan melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Terdapat kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Dimana 1  kelas dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok sebagai kelompok eksperimen dan 1 kelompok sebagai kelompok kontrol.  Obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI MIFTAHUL HUDA Puri Mojokerto mata pelajaran Matematika materi Perkalian. Teknik analisa data menggunakan uji t terhadap perbedaan hasil belajar, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.

Hasil analisis data dan penyajian menunjukkan kelompok  eksperimen  setelah diberi perlakuan dengan menerapkan Model Pembelajaran Terpadu  berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil uji t antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan  probabilitas atau signifikansi 3,157 (p < 0,05) sehingga penerapan Model Pembelajaran Terpadu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kegiatan pembelajaran Matematika materi perkalian.

Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran Terpadu,Matematika

Abstract

Teaching model is useful for teacher in the learning process, and can be used as one of problem solutions at school. Integrated teaching model can be applied to solve solutions for this model is combining several lessons in one material. Integrated teaching is quite needed either to know or understand by the teacher, especially teacher of elementary school. Because this teaching is oriented to meaningful learning, it is said so for in this teaching the students are expected to acquire comprehensions toward concepts they learn directly and combine them with other concepts which they already understood.

. This research includes in kind of experiment research. There will be treatment category and control category. Where one class will be divided into two groups, one will break into smaller group with one group will be treatment and the rest is control. The object of this research is 4th students of MI MIFTAHUL HUDA Puri Mojokerto in math of multiplication subject.  Technically, the data analysis will be obtained by testing toward result study distinction, whether before or after studying. And the collective technique will be obtained by observing and testing.

The data analysis result and presentation show the experiment after given treatment by applying integrated teaching model that influence toward the result study. The test result between experiment and control groups indicates probability or significance 3,157 (p<0,05), so the applying of this teaching influence to the student test result in the class activity of math in multiplication subject.

Key words: applying, integrated teaching model, mathematic

Published
2015-05-19
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 26